NASA Temukan Planet Seukuran Bumi Ke-2, Diperkirakan Menyimpan Air dalam Bentuk Cair

Rabu, 11 Januari 2023 - 11:49 WIB
loading...
NASA Temukan Planet Seukuran Bumi Ke-2, Diperkirakan Menyimpan Air dalam Bentuk Cair
Pesawat antariksa pemburu planet atau Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) NASA menemukan planet kedua yang berukuran sama dengan Bumi. Foto/NASA/JPL-Caltech
A A A
FLORIDA - Pesawat antariksa pemburu planet atau Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) NASA menemukan planet kedua yang berukuran sama dengan Bumi. Kemungkinan planet ini dapat menahan air dalam bentuk cair, dan mengorbit pada bintang yang sama.

Pesawat antariksa TESS NASA diluncurkan pada April 2018 dan telah menemukan 285 eksoplanet yang dikonfirmasi dan lebih dari 6.000 kandidat planet. Salah satu planet paling menarik yang dikonfirmasi adalah dunia yang dijuluki TOI 700 d, yang berukuran sebesar Bumi dan terletak di zona layak huni bintangnya.

Sekarang, para ilmuwan telah menentukan bahwa planet tersebut memiliki tetangga yang sama menggiurkannya. Planet tersebut terdeteksi pada Oktober 2021 ketika teleskop yang mengorbit Bumi telah melihat sesuatu yang menarik.

Baca juga; Berukuran 7 Kali Bumi, Astronom Menemukan Planet Baru dengan 3 Matahari

“Kami pertama kali melihatnya dan kami seperti, 'Apakah ini nyata?” Emily Gilbert, seorang astronom di Jet Propulsion Laboratory NASA di California, mengatakan kepada Space.com, Rabu (11/1/2023). Penemuan itu dipresentasikan pada pertemuan ke-241 American Astronomical Society, di Seattle dan secara virtual pada Minggu 8 Januari 2023.

Pesawat antariksa TESS menemukan planet dengan menatap bintang selama sebulan, sekaligus mencari penurunan kecil dalam kecerahan yang dapat mengindikasikan adanya planet yang melintas di antara bintang dan teleskop. Dari penurunan ini, para astronom dapat memperkirakan ukuran planet dan jam orbitnya.

Pada tahun 2020, Gilbert dan rekannya melaporkan penemuan tiga planet di sekitar bintang kecil bernama TOI 700 (TOI singkatan dari "TESS Object of Interest"), yang terletak sekitar 100 tahun cahaya dari Bumi. Bintang itu adalah katai merah, tetapi tidak seperti banyak saudara kandungnya, TOI 700 relatif tenang, tanpa aktivitas tiba-tiba yang dapat mengusik kehidupan di dunia terdekat.

Dua dari tiga planet yang awalnya ditemukan TESS di sistem TOI 700 mengorbit terlalu dekat dengan bintang sehingga tidak terlihat seperti Bumi. Dengan hanya tiga planet itu, para ilmuwan sudah membandingkan sistemnya dengan TRAPPIST-1, sebuah sistem yang berjarak 39,5 tahun cahaya dari kita yang dikenal dengan tujuh planet seukuran Bumi.

Baca juga; 200 Planet Baru Ditemukan Para Astronom Selama Tahun 2022, Ada yang Mirip Bumi dan Mars

“Ini benar-benar perbandingan yang sangat menarik,” kata Gilbert. Tetapi sistem TOI 700 akan lebih mudah untuk dipelajari, mengingat TRAPPIST-1 adalah bintang yang lebih aktif dan lebih redup. “Sistem TRAPPIST sangat padat; semua planet itu dijejalkan dengan sangat rapat,” lanjutnya.
NASA Temukan Planet Seukuran Bumi Ke-2, Diperkirakan Menyimpan Air dalam Bentuk Cair


Sekarang, Gilbert dan rekan-rekannya mengatakan bahwa TOI 700 d memiliki saudara ketiga yang lebih menarik. Planet ini, dijuluki TOI 700 e, tidak berada di wilayah yang biasa disebut oleh para astronom sebagai zona layak huni, tetapi definisi itu berubah-ubah.

Gilbert dan rekan-rekannya memperkirakan bahwa TOI 700 e berukuran sekitar 95% dari ukuran Bumi, sehingga kemungkinan berbatu dan mengorbit setiap 28 hari Bumi. Dunia yang baru ditemukan juga kemungkinan terkunci secara pasang surut, selalu menunjukkan sisi yang sama pada bintangnya.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1485 seconds (10.101#12.26)