Gerhana Matahari Hybrid Super Langka Bakal Terjadi di Indonesia April Ini!

Jum'at, 13 Januari 2023 - 17:10 WIB
loading...
Gerhana Matahari Hybrid Super Langka Bakal Terjadi di Indonesia April Ini!
Gerhana Matahari Hybrida akan terjadi di Indonesia. FOTO Ilustrasi/ DOK SINDOnews
A A A
Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa (ORPA) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menghitung mundur gerhana matahari hibrida pertama yang bisa disaksikan di Indonesia.

BACA JUGA - Muhammadiyah Terbitkan Maklumat Salat Gerhana Matahari Cincin

Gerhana matahari hibrida adalah gerhana matahari yang memiliki dua jenis gerhana yang berbeda, terjadi secara berurutan dalam fenomena yang sama.

"Fenomena dimulai dengan gerhana matahari annular yang berubah menjadi gerhana matahari total, kemudian kembali menjadi gerhana matahari annular dalam waktu singkat," kata ORPA dalam sebuah pernyataan.

ORPA mengatakan gerhana matahari hibrida diperkirakan terjadi pada 20 April atau sekitar bulan Ramadhan.

Tidak semua wilayah di Indonesia bisa menyaksikan keunikan gerhana matahari tersebut karena lokasi terbaik untuk mengamatinya adalah di Indonesia bagian timur, khususnya di Papua.

ORPA menjelaskan, gerhana langka akan dimulai di Pulau Kisar pada pukul 11.47 waktu setempat dalam keadaan sebagian dan puncaknya sekitar pukul 13.32 sebelum mencapai fase akhir tiga jam kemudian.

Daerah lain yang juga mendapat kesempatan emas untuk melihat gerhana matahari hibrida ini secara berurutan antara lain Pulau Maopora, Pulau Damar, Pulau Watubela, Kepulauan Antalisa, Randepandai, Roswar, Pulau Num, Wooi di Serui, dan berakhir di Kota Biak.

Masyarakat yang ingin melihat fenomena tersebut disarankan untuk tidak melihat gerhana matahari hibrida dengan mata telanjang melainkan disarankan menggunakan alat bantu seperti kacamata atau teropong gerhana.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2107 seconds (10.55#12.26)