Belanda Ungkap Peta Harta Karun yang Disembunyikan Tentara NAZI

Minggu, 15 Januari 2023 - 15:30 WIB
loading...
Belanda Ungkap Peta Harta Karun yang Disembunyikan Tentara NAZI
Belanda ungkap Peta harta karun yang terkubur di dekat kota Ommeren di kotamadya Buren, Belanda tengah. FOTO/ AFP
A A A
AMSTERDAM - Badan Arsip Nasional Belanda merilis peta harta karun yang berisi emas dan permata yang disembunyikan Nazi.

BACA JUGA - Polandia: Perlakukan Rusia seperti Nazi Jerman

Peta itu menunjukkan harta karun itu terkubur di dekat kota Ommeren di kotamadya Buren, Belanda tengah.

Juru bicara Arsip Nasional Anne-Marieke Samson, keberadaan harta karun itu belum pernah dikonfirmasi. Penyebabnya, ada banyak upaya yang gagal untuk mengungkap harta rampasan membuat perburuan itu semakin menarik.

Seperti dilansir dari Unilad Minggu (15/1/ 2023, harta itu dikatakan telah dikuburkan oleh empat tentara Jerman dalam Perang Dunia II dan tidak pernah ditemukan.

Barang rampasan yang diyakini telah dicuri setelah sebuah bank dibom di kota Arnhem, terdiri dari empat kotak amunisi berisi koin, jam tangan, perhiasan, dan berlian. Diperkirakan nilai harta karun yang terkubur mencapai USD19,1 juta atau kisaran Rp297 miliar (asumsi kurs Rp15.500 per dolar AS).

Kebanyakan harta karun tersebut berupa emas dan perhiasan bernilai tinggi, seperti emas Nazi di Danau Toplitz. Selain itu, ada pula Paititi, kota berlapis emas yang disebut telah tenggelam.

Dari semua harta karun dunia yang hilang, Amber room adalah salah satu yang paling terkenal. Sebuah ruangan yang dibangun berlapis emas dan daun emas yang dicuri dari istana Rusia. Sangat luar biasa cantik ruangan itu dikenal sebagai Keajaiban kedelapan Dunia.

Sejumlah maha karya dan berton-ton emas Reichsbank menunggu untuk diungkap dalam jaringan terowongan yang mengelilingi pegunungan.

Ketika itu, tentara Amerika melakukan pembebasan kota Ohrdruf, dan hingga kini telah merahasiakan semua berkas pada tahun 1945 berkaitan dengan operasi mereka di sana.

Menurut laporan, lokasi tersebut berserakan dengan peluru aktif yang belum meledak. Pada akhir pekan, polisi bermain kucing-kucingan dengan para pemburu harta yang masuk ke dalam secara ilegal.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2180 seconds (10.177#12.26)