Gadis 9 Tahun Temukan Gigi Megalodon Besar, Punya 400 Fosil Gigi Hiu

Selasa, 17 Januari 2023 - 14:20 WIB
loading...
Gadis 9 Tahun Temukan Gigi Megalodon Besar, Punya 400 Fosil Gigi Hiu
Seorang gadis berusia 9 tahun dari Maryland, Amerika Serikat (AS) menemukan gigi megalodon gnasher besar berukuran 5 inci (13 cm). Foto/Live Science
A A A
ANNAPOLIS - Seorang gadis berusia 9 tahun dari Maryland, Amerika Serikat (AS) menemukan gigi megalodon gnasher besar berukuran 5 inci. Gadis bernama Molly Sampson ternyata sudah mengoleksi sekitar 400 fosil gigi ikan hiu yang ditemukan di sepanjang pantai Maryland.

Molly menemukan gigi megalodon besar berwarna hitam berukuran 5 inci atau sekitar 13 cm di perairan dangkal di pantai di Calvert Cliffs State Park di wilayah Maryland di Chesapeake Bay. Dilaporkan Newsweek awalnya Molly dan kakak perempuannya Natalie sedang mencari fosil di sepanjang pantai Maryland.

“Saat berjalan ke pantai, Molly sekitar waktu setengah jam mengarungi air dangkal dia telah menemukan gigi megalodon,” kata Alicia Sampson, ibu dari Molly kepada Live Science yang dikutip SINDOnews, Selasa (17/1/2023).

Baca juga; Bocah 8 Tahun Temukan Gigi Megalodon di Pantai Summerville

Keluarga Sampson membawa gigi besar itu ke Stephen Godfrey, seorang kurator paleontogloy di Museum Kelautan Calvert di Solomon, untuk memastikan gigi itu milik megalodon (Otodus megalodon). Godfrey menggambarkan penemuan itu sebagai penemuan sekali seumur hidup.

Megalodon menjelajahi lautan Bumi selama periode Neogen (23 juta hingga 2,6 juta tahun lalu). Hiu raksasa kemungkinan tumbuh hingga 65 kaki atau 20 meter panjangnya dan merupakan hiu tercepat yang pernah ada.
Gadis 9 Tahun Temukan Gigi Megalodon Besar, Punya 400 Fosil Gigi Hiu


Predator puncak ini diperkirakan punah setelah munculnya hiu putih besar yang lebih kecil namun lebih sukses (Carcharodon carcharias). “Dr. Godfrey menjelaskan kepada Molly bahwa hiu itu seukuran bus Greyhound,” kata Alicia.

Seperti hiu zaman modern, hiu megalodon memiliki kerangka tulang rawan, yang tidak dapat memfosil dengan baik. Akibatnya, sebagian besar dari apa yang para ilmuwan ketahui tentang predator besar berasal dari giginya.

Baca juga; Bocah 6 Tahun Temukan Gigi Hiu Raksasa Megalodon Berusia 20 Juta Tahun

Gigi megalodon yang ditemukan Molly, memiliki komposisi lebih keras dan terawetkan dalam sedimen dasar laut purba. Molly bukan satu-satunya anak yang menemukan gigi megalodon. Pada Mei 2022, seorang anak laki-laki berusia 6 tahun di Inggris menemukan gigi megalodon sepanjang 4 inci atau 10 cm di pantai di Sussex, Inggris.
Gadis 9 Tahun Temukan Gigi Megalodon Besar, Punya 400 Fosil Gigi Hiu


Namun, Molly ternyata telah menemukan banyak gigi megalodon. “Dia menemukan 6 (diduga) gigi megalodon dalam beberapa tahun terakhir tapi tidak ada yang sebesar ini,” kata Alicia.

Calvert Cliffs adalah hotspot fosil gigi hiu, termasuk megalodon gnashers, karena tebing tersebut terbuat dari lapisan sedimen dasar laut yang tertinggal dari samudra purba yang menutupi area tersebut selama sebagian besar Zaman Miosen (23 juta hingga 5,3 juta tahun lalu). Saat tebing terkikis oleh aksi gelombang dan runtuh ke dalam air di bawahnya, mereka melepaskan gigi purba yang terperangkap di dalam sedimen.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2274 seconds (10.55#12.26)