Robot Ini Dibuat Yamaha Untuk Kalahkan Rossi

Jum'at, 30 Oktober 2015 - 16:01 WIB
Robot Ini Dibuat Yamaha...
Robot Ini Dibuat Yamaha Untuk Kalahkan Rossi
A A A
TOKYO - Pebalap MotoGP Valentino Rossi memiliki musuh dalam selimut di tubuh Yamaha. Bukan rekan satu tim Jorge Lorenzo melainkan sebuah robot yang diberi nama Motobot.

Di ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2015, Yamaha meluncurkan sebuah robot prototipe bernama Motobot yang mampu mengendarai motor. Robot ini bukan sembarang robot karena robot ini mampu mengendarai motor sport Yamaha YZF-R1M.

Motobot sendiri diluncurkan berbarengan dengan Yamaha Sports Ride Concept di TMS 2015. Sayang, Yamaha masih enggan membeberkan detail terperinci mengenai Motobot. Mereka hanya menjelaskan bagaimana Motobot mengusung wujud humanoid (menyerupai manusia), dibangun dengan memadukan teknologi motor dan robotik. Tim riset dan pengembangan sedang berusaha memastikan agar sang robot sanggup melesat di kecepatan melewati 200-kilometer per jam tanpa perlu memodifikasi motor dan campur tangan manusia.

Demi mengendalikan gerakan-gerakan rumit pada motor, Yamaha mengakui bahwa tim memerlukan sistem kontrol yang sangat akurat. Dan pada akhirnya, penggarapan Motobot bukanlah sekadar eksperimen. Yamaha ingin proyek ambisius tersebut dapat meningkatkan keselamatan berkendara melalui sistem keamanan canggih serta rider-support. Menariknya, mereka turut menyebutkan potensi untuk membuka lini bisnis baru.

Buat sekarang MotoBot memang belum sanggup menyaingi pengendara profesional. Pertama-tama, ia harus dibantu orang untuk meluncur hingga mencapai kecepatan tertentu. Kemudian operator ditugaskan mengawasi padangan Motobot dari jauh lewat monitor.

Aslinya, Yamaha membuat Motobot untuk menemukan beberapa teknologi yang bisa digunakan untuk pengembangan teknologi keselamatan pengendara motor Yamaha. Namun Yamaha Motor Ventures & Laboratory mempunyai ambisi yang besar: mengalahkan Valentino ‘The Doctor’ Rossi.

Baca:
Yamaha Indonesia Tak Peduli Insiden Rossi dan Marquez
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2625 seconds (0.1#10.140)