Kereta Super Cepat Hyperloop Akan Melintasi Indonesia

Senin, 13 Maret 2017 - 12:02 WIB
Kereta Super Cepat Hyperloop Akan Melintasi Indonesia
Kereta Super Cepat Hyperloop Akan Melintasi Indonesia
A A A
JAKARTA - Kereta super cepat di dunia, yang diprakarsai oleh miliarder teknologi kenamaan Elon Musk akan tiba di Indonesia. Kementerian Perhubungan dikabarkan telah menandatangani kerja sama dengan mitra Hyperloop di Indonesia dengan nama Hyperloop Transtek Indonesia, perusahaan yang didapuk untuk mengembangkan kereta supercepat ini.

Seperti dilansir dari CNBC, Hyperloop diharapkan bisa menjadi salah satu solusi yang bisa memecahkan masalah kemacetan di Indonesia.

Karena itu, company Hyperloop Transportation Technologies (HTT) menawarkan Hyperloop ke Indonesia.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan pihaknya akan melakukan kajian terkait moda transportasi berkecepatan tinggi atau hyperloop.

Kementerian Perhubungan (Kemhub) siap beradaptasi dengan produk iptek di bidang transportasi guna memberika pelayanan terbaik ke masyarakat Indonesia.

Melalui akun resminya, @BudiKaryaS dia menyebutkan, “Kereta hyperloop cukup menarik sebagai alat angkutan masa depan.Kami siap beradaptasi dengan teknologi apapun untuk transportasi yang efisien & aman.” katanya

Adapun negara lain yang juga tengah kedapatkan proyek pengembangan Hyperloop sepeti Perancis, Republik Ceko, Slowakia, dan Uni Emirat Arab.

Meski nantinya bakal seperti lsquokeretarsquo, Hyperloop tak akan mengusung skema transportasi via rel kereta. Ia akan mengusung bentuk tabung atau kapsul, yang dapat mengangkut hingga 40 orang.

Untuk landasan pacunya, akan ada stator aktif dibangun ke trek & bereaksi dengan magnet yang dibangun ke dalam kapsul, sehingga mendorongnya melalui tabung tersebut.

Karena memiliki tekanan udara yang lebih rendah, ini berarti meminimalisir gesekan yang memperlambat gerakan kapsul, dan koil stator tetap bergerak secara merata.

Hyperloop dapat memindahkan penumpang atau pula barang dalam hitungan waktu yang begitu singkat. Bahkan, menurut taksiran HTT, perjalanan dari Jakarta ke Bandung jika menggunakan Hyperloop hanya memakan waktu itu 9 menit saja.

Jakarta ke Yogyakarta cuma menempuh saat itu 25 menit.

Jika memang bisa terwujud, Hyperloop digadang-gadang dapat menjadi mobilitas paling diprioritaskan karena supercepat dan irit waktu.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8054 seconds (0.1#10.140)