Ilmuan Temukan Dinosaurus Leher Panjang Tertua

Senin, 26 November 2018 - 09:03 WIB
Ilmuan Temukan Dinosaurus Leher Panjang Tertua
ESTORIL - Baru-baru ini para pakar ilmuwan menemukan spesies dinosaurus berleher panjang tertua di dunia.

Seperti dilansir dari Mail Online, tiga kerangka dinosaurus utuh yang ditemukan di Rio Grande do Sul dan diperkirakan hidup sekitar 225 juta tahun yang lalu.

Spesies ini dikenal sebagai Macrocollum itaquii, konon hanya memakan sayuran. Selain itu, spesies ini memiliki tinggi 1,5 meter dan panjang 3,6 meter dan berat 90,7 kilogram.

Salah satu fitur yang menarik adalah lehernya yang panjang dan para ilmuwan percaya bahwa dinosaurus adalah spesies sauropodomorpha berleher panjang tertua yang pernah ditemukan.

Menurut sebuah laporan yang dirilis dalam jurnal Biology Letters, lehernya yang panjang memberinya keuntungan mendapatkan sumber makanan.

Spesies ini terkait erat dengan sauropoda seperti Brontosaurus - herbivora berleher panjang dengan empat kaki dan sepuluh kali lebih besar. Namun, tidak seperti Brontosaurus, Macrocollum itaquii berjalan dua kaki.

Dinosaurus diyakini ada selama periode Trias, ketika Brasil masih menjadi bagian dari benua kuno yang dikenal sebagai Pangaea.