Selamatkan Bumi, NASA Akan Tabrakan Pesawat ke Astroid

Rabu, 09 Januari 2019 - 06:05 WIB
Selamatkan Bumi, NASA Akan Tabrakan Pesawat ke Astroid
NEW YORK - NASA berencana untuk menghancurkan pesawat ruang angkasa dengan cara menabrakan ke asteroid untuk menghentikan serangan mematikan ke bumi.

Badan antariksa AS sedang mengerjakan tahap yang paling berapi-api dan penting dari Uji Pengalihan Asteroid Ganda, DART.

Eksperimen ini akan menjadi yang terbaru dalam misi NASA untuk melindungi Bumi dari serangan asteroid yang mematikan.

Pada tahun 2021, NASA bertujuan untuk sepenuhnya menguji sistem pertahanan baru dengan menghancurkan sebuah pesawat ruang angkasa menjadi batu pada 13.500 mph (6 km per detik).

Hal itu dilakukan pasalnya, para pakar antariksa khawatir asteroid berpotensi menabrak bumi yang menyebabkan kerusakan besar.

Asteroid yang hendak ditabrak oleh NASA sebenarnya bukan ancaman bagi Bumi, tetapi dengan menabraknya, kru DART akan dapat melihat apakah defleksi serupa akan bekerja pada asteroid masa depan.

Dalam tes tersebut, sebuah pesawat NASA akan menghantam sasarannya ke asteroid Didymos untuk melihat apakah ia dapat berhasil mengubah arah batu itu.

Didymos memiliki panjang sekitar 800 m dan memiliki badan pengorbit sekunder, yang dikenal sebagai "moonlet" - yang berukuran 150 m.

Menggunakan teknologi canggih, pesawat ruang angkasa akan menabrak satelit

Nancy Chabot, seorang ilmuwan planet di Laboratorium Fisika Terapan Universitas Johns Hopkins dan ilmuwan proyek untuk tim DART, mengatakan kepada Space.com:

"Pertahankan planet dari tata surya, Ini menarik, karena ini adalah misi luar angkasa adalah bagian penting dari misi yang berhasil," tutur Jhons Hopkins seperti dilansir Dailystar

"Ini adalah sesuatu yang akan Anda lakukan lima, 10, 15, 20 tahun sebelumnya - dengan lembut mendorong asteroid sehingga hanya berlayar dengan riang di jalannya dan tidak berdampak pada Bumi." tandasnya.