Siapkan Pesawat untuk Astronot NASA, SpaceX Uji Coba Gunakan Manekin

Senin, 04 Maret 2019 - 05:00 WIB
Siapkan Pesawat untuk Astronot NASA, SpaceX Uji Coba Gunakan Manekin
Siapkan Pesawat untuk Astronot NASA, SpaceX Uji Coba Gunakan Manekin
A A A
CALIFORNIA - Kapsul berawak milik SpaceX bernama Crew Dragon berhasil lepas landas dari Kennedy Space Center. Pada hari Sabtu, tepat pukul 02.48 EST, perusahaan penerbangan milik Elon Musk ini meluncurkan Crew Dragon ke orbit untuk pertama kalinya.

Penerbangan ujicoba Crew Dragon menjadi kali pertama dalam delapan tahun pesawat ruang angkasa Amerika Serikat yang dibuat untuk manusia diluncurkan ke orbit. Sekadar informasi, NASA menghentikan program pesawat ulang-aliknya pada Juli 2011 dan sejak saat itu, mereka selalu mengirim astronotnya dengan nebeng ke pesawat antariksa Rusia, Soyuz.

Kapsul luar angkasa yang dirancang untuk astronot NASA ini terdiri atas tujuh orang. Namun untuk penerbangan uji coba kali ini tidak ada manusia yang ikut di dalamnya.

Sebagai gantinya, misi uji coba ini membawa 400 lbs kargo dan boneka manekin perempuan bernama yang diberi nama "Ripley" ke International Space Station (ISS), sebagaimana dikutip Business Insider, Minggu (3/3/2019).

Crew Dragon melaju ke luar angkasa di atas roket Falcon 9 setinggi 23 lantai. Selanjutnya, Crew Dragon akan berlabuh di ISS untuk menurunkan muatannya, lalu kembali bersama Ripley pada minggu berikutnya.

Jika semua berjalan baik, SpaceX akan meluncurkan kru astronot NASA Bob Behnken dan Doug Hurley setidaknya pada Juli tahun ini.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1011 seconds (0.1#10.140)