Pesawat Antarikasa India Hilang Kontak di Bulan

Minggu, 08 September 2019 - 08:56 WIB
Pesawat Antarikasa India Hilang Kontak di Bulan
Pesawat Antarikasa India Hilang Kontak di Bulan
A A A
NEW DELHI - Upaya India untuk mendaratkan pesawat tak berawak di wilayah kutub selatan Bulan nampaknya mengalami kegagalan.Komunikasi antara wahana pendaratan atau lander dengan Bumi terputus beberapa saat sebelum sampai ke Bulan.

"Komunikasi dari pendarat ke stasiun darat terputus," kata Kailasavadivoo Sivan, Indian Space Research Organisation (ISRO) dikutip dari The Guardian, Sabtu (7/9/2019).

Misi yang bertujuan untuk melakukan pendaratan di Bulan ini adalah proyek ruang angkasa paling kompleks dan ambisius yang dilakukan India. Hanya tiga negara lain - Rusia, AS, dan Cina - yang berhasil melakukan pendaratan semacam itu.

"ISRO telah bekerja selama lebih dari 10 tahun untuk mencapai titik ini. Ini adalah ilmu roket, mungkin ada kegagalan. Bukan berarti semuanya bisa berjalan persis seperti mode buku salinan,” ujar seorang jurnalis sains NDTV Pallava Balga.

Perdana Menteri India Narendra Modi yang ikut menyaksikan secara langsung upaya pendaratan mengaku tetap bangga pada para ilmuwan yang terlibat, walaupun hasilnya tidak sesuai rencana.

Modi juga menegaskan India akan tetap berkomitmen pada program antariksa.

"Kami tetap berharap dan akan terus bekerja keras pada program luar angkasa kami," ungkap Modi melalui akun Twitternya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1843 seconds (0.1#10.140)