Ajak Warga Diam di Rumah, Ahli Unggah Video COVID-19 Melayang di Udara

Kamis, 09 April 2020 - 10:57 WIB
Ajak Warga Diam di Rumah, Ahli Unggah Video COVID-19 Melayang di Udara
Ajak Warga Diam di Rumah, Ahli Unggah Video COVID-19 Melayang di Udara
A A A
LONDON - Masih banyaknya warga yang tetap membandel berkeliaran saat pemerintah di setiap negara memerangi virus Corona membuat ilmuwan bertindak. Mereka membuat Video yang mengerikan menunjukkan bagaimana satu batuk dapat menyebarkan corona di supermarket yang bertahan selama beberapa menit

Seperti dilansir dari The Sun Kamis (9/4/2020), Para ilmuwan membuat simulasi komputer untuk mempelajari sejauh mana virus dapat melakukan perjalanan di dalam ruangan - dan dengan cemas menemukan bagaimana awan tetesan akan menginfeksi orang lain bahkan setelah orang yang sakit berpergian.



Para ilmuwan yang terlibat mengatakan bahwa cara terbaik untuk menghindari penularan virus adalah dengan menjauh dari ruang publik yang sibuk seperti toko dan stasiun.

Profesor Ville Vuorinen dari Universitas Aalto di Finlandia mengatakan kepada BBC:Dalam sebuah pernyataan yang menyertai video, para peneliti mengatakan: "Hasil awal menunjukkan bahwa partikel aerosol yang membawa virus dapat tetap berada di udara lebih lama dari yang diperkirakan, sehingga penting untuk menghindari ruang publik yang sibuk di dalam ruangan.

"Ini juga mengurangi risiko infeksi tetesan, yang tetap menjadi jalur utama penularan virus corona."

Studi ini dilakukan oleh para ilmuwan dari Universitas Aalto Finlandia, Institut Meteorologi Finlandia, Pusat Penelitian Teknis VTT Finlandia, dan Universitas Finlandia.

Para ahli meneliti bagaimana partikel aerosol udara kecil diangkut di udara ketika dipancarkan dari saluran pernapasan ketika bersin, batuk atau bahkan berbicara.

Mereka mengatakan: "Dalam situasi yang sedang diselidiki, awan aerosol menyebar di luar sekitar orang yang batuk dan encer dalam proses.

"Namun, ini bisa memakan waktu hingga beberapa menit. Partikel yang sangat kecil dengan ukuran ini tidak tenggelam di lantai, tetapi sebaliknya, bergerak mengikuti arus udara atau tetap mengambang di tempat yang sama."

Profesor Vuorinen juga mengatakan: "Seseorang yang terinfeksi oleh virus corona dapat batuk dan pergi, tetapi kemudian meninggalkan partikel aerosol yang sangat kecil yang membawa virus.

"Partikel-partikel ini kemudian bisa berakhir di saluran pernapasan orang lain di sekitarnya." tandasnya
(poe)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7494 seconds (0.1#10.140)