Robot Mungil Punya Kekuatan Super

Sabtu, 25 April 2015 - 20:29 WIB
Robot Mungil Punya Kekuatan Super
Robot Mungil Punya Kekuatan Super
A A A
STANFORD - Para peneliti dari Stanford belum lama ini berhasil membuat robot super kuat, mampu menarik beban lebih dari 100 kali bobot tubuhnya. Kelebihan lainnya, robot ini juga mampu berjalan di bidang vertikal alias merayap di dinding.

Seperti dilansir dari engadget, Sabtu (25/4/2015), penasaran dengan kemampuan robot kecil ini, bisa disaksikan langsung dalam sebuah video di YouTube. Robot bernama μTug ini mampu menarik beban jauh lebih besar dari dirinya.

Biasanya robot dengan berat 20 miligram bisa mengangkat beban lebih dari 500 miligram. Namun, μTug yang mempunyai berat 12 gram yang mampu menarik beban berbobot lebih dari 2000 kali berat tubuhnya. Bila digambarkan sebagai manusia maka benda yang harus dijadikan beban tarikan adalah seekor paus biru.

Para peneliti sengaja mendesain dengan meniru kemampuan hewan di alam liar. Mampu berjalan di bidang vertikal diambil dari kemampuan seekor cicak. Robot ini berjalan setapak demi setapak, mirip dengan gerakan ulat. Penasaran? saksikan video dibawah ini:
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7809 seconds (0.1#10.140)