Duel Tank Leopard 2 Jerman Lawan T-90M Proryv Rusia, Ini Kalkulasi di Atas Kertas

Rabu, 25 Januari 2023 - 16:20 WIB
2. Kekuatan Tank



Jika tidak dalam waktu dekat, maka beberapa bulan lagi ketika musim semi, kedua tank (Leopard 2 dan T-90M) bisa saling berhadapan. Ini adalah periode hujan yang sangat deras, artinya banyak lumpur, dan medan menjadi sangat berat.

Rusia membanggakan kemampuan T-90M dalam kondisi seperti itu, namun beberapa laporan menyebutkan puluhan tank terjebak di lumpur di perbatasan Rusia-Ukraina. Rusia membawa traktor ke tempat latihan untuk menarik semua tank yang tersangkut di lumpur satu per satu.



Si Macan Tutul Jerman alias Leopard 2 lebih kuat karena mesin diesel silinder MTU 12 V menghasilkan daya 1.500 tenaga kuda. Sedangkan tank T-90M Proryv Rusia dibekali mesin V-92S2F baru 12-silinder yang menghasilkan daya 1.130 tenaga kuda.

3. Manuver Tank



Tank Leopard 2 Jerman, selain lebih bertenaga, di atas kertas dinilai memiliki tingkat manuver yang lebih baik. Tank Leopard 2 dilengkapi dengan transmisi yang jauh lebih modern, yaitu Renk HSWL 354 sehingga mampu mencapai kecepatan hingga 75 km/jam di atas medan berlumpur.

Kemampuan ini memberikan tank Leopard 2 kemampuan manuver yang lebih baik dibandingkan tank T-90M Rusia yang mampu melaju 60 km/jam. Indikator tekanan spesifik darat tank Leopard 2 sedikit lebih baik daripada T-90M, untuk kemampuan manuver yang lebih baik.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More