5 Negara Tempat Penemuan Fosil Dinosaurus, Nomor Terakhir Ditemukan Tulang Megalosaurus

Sabtu, 04 Februari 2023 - 15:10 WIB
Ahli paleontologi pernah menemukan kawanan dinosaurus opalized di Australia. Fosil sering ditemukan tercetak di batu, tetapi pada kesempatan langka, mereka dapat terbungkus opal. Opal tercipta ketika cekungan air yang mengandung silika di bebatuan dan berkumpul di retakan, akhirnya memadat menjadi bentuk wadah.

Lubang-lubang itu terkadang tertinggal setelah pengeroposan tulang. Dalam contoh ini, permata biru-hijau yang berkilauan ini terbentuk seperti jari kaki, tulang belikat, tulang belakang, dan tulang lainnya dari spesies dalam keluarga Iguanodon.

5. Inggris

Agak sedikit mengejutkan, banyak fosil dinosaurus ditemukan di dataran Inggris yang memiliki tanah hijau dan subur. Sebagian besar fosil dinosaurus Inggris telah ditemukan di Inggris selatan, situs pesisir seperti Isle of Wight dan Jurassic Coast of Dorset, tambang tanah liat Surrey (Baryonyx), serta tambang batu kapur dan tanah liat di Oxfordshire dan Cotswolds.

Tulang dinosaurus pertama yang pernah dideskripsikan dalam literatur ilmiah, mungkin dari Megalosaurus, ditemukan dari tambang batu kapur di Oxfordshire pada tahun 1676. Sementara 200 tahun kemudian sisa-sisa Camptosaurus ditemukan di sebuah bangunan batu bata dan ubin di dekat Oxford.