Peneliti Inggris Temukan Spesies Baru Dinosaurus Iguanodon di Kepulauan Isle

Kamis, 11 November 2021 - 17:07 WIB
Peneliti Inggris Temukan Spesies Baru Dinosaurus Iguanodon di Kepulauan Isle
Ilustrasi kepala dinosaurus Brighstoneus (atas) dan Mantellisaurs (bawah). Foto/ Cosmosmagazine/John Sibbick
PORTSMOUTH - Para peneliti dari Museum Sejarah Alam dan Universitas Portsmouth, Inggris , menemukan spesies baru dinosaurus Iguanodontian di kepulauan Isle of Wight. Herbivora besar dan kuat dari Isle of Wight menunjukkan biota dinosaurus yang lebih beragam ada di Inggris.

Para peneliti menggambarkan genus baru ini sebagai bagian dari kelompok Iguanodontian, meliputi Iguanodon dan Mantellisaurus. Namun, ini adalah genus pertama yang ditemukan di pulau seluas 390 kilometer persegi di lepas pantai selatan Inggris. (Baca juga; Ilmuwan Ungkap Dampak Kiamat dari Tumbukan Asteroid Pemusnah Dinosaurus )

Dinosaurus tersebut diberi nama Brightstoneus simmondsi – diambil dari nama desa Brightstone, dekat lokasi penggalian, dan Keith Simmonds yang menemukan fosil tersebut pada tahun 1978. Fosil tersebut memiliki beberapa perbedaan utama dari sepupu Iguanodontian yang membuatnya menonjol, di antaranya pada susunan gigi.

“Bagi saya, jumlah gigi adalah sebuah tanda,” kata Dr Jeremey Lockwood, yang memeriksa spesimen tersebut. “Mantellisaurus memiliki 23 atau 24, tetapi ini memiliki 28,” katanya dikutip dari laman cosmosmagazine, Kamis (11/11/2021). (Baca juga; Ilmuwan Temukan Fosil Dinosaurus Pertama di Greenland yang Hidup 214 Juta Tahun Lalu )

“Dia juga memiliki hidung bulat, sedangkan spesies lain memiliki hidung yang sangat lurus. Secara keseluruhan, ini dan perbedaan kecil lainnya membuatnya sangat jelas sebagai spesies baru,” lanjut Dr Jeremey Lockwood.

Dinosaurus herbivora itu kemungkinan memiliki panjang delapan meter dan berat sekitar 900 kilogram. Penemuan ini menunjukkan bahwa ada jauh lebih banyak dinosaurus Iguanodontian di Inggris selama masa Kapur awal.