5 Fakta Menarik Gharial, Buaya dengan Moncong Terpanjang yang Mengejutkan

Minggu, 26 Februari 2023 - 11:17 WIB

3. Mangsa



Buaya dengan moncong panjang ini biasa memakan ikan di air, namun terkadang juga bisa memangsa burung yang hinggap di sekitar perairannya. Mengutip laman A-Z Animals, Gharial memiliki moncong panjang dan tipis dengan lebih dari 100 gigi kecil setajam silet.

Hal tersebut digunakannya untuk melumpuhkan target makanannya. Kemudian, pada pencarian mangsanya sendiri, Gharial menggunakan sensor untuk mendeteksi getaran di dalam air yang berasal dari ikan atau sejenisnya.



4. Reproduksi



Seperti halnya buaya lain, buaya melakukan poligami. Satu jantan biasa menempati wilayah tertentu bersama beberapa betina yang ikut tinggal.

Untuk betina, mereka biasanya mencapai kematangan seksual ketika mencapai panjang 3 meter, sedangkan jantan adalah 4 meter. Adapun musim kawinnya sendiri biasa terjadi pada Desember dan Januari.

5. Terancam Punah



Gharial menjadi salah satu hewan yang terancam punah. Mengutip laman National Geographic, The International Union for Conservation of Nature memasukkannya pada daftar yang berada dalam ancaman.

Ancaman terbesar yang dihadapi buaya dengan moncong panjang ini adalah terkait aktivitas manusia. Tercatat, sejak 1940-an jumlah Gharial telah menurun hingga 98 persen karena perburuan untuk obat tradisional dan perubahan habitat air tawarnya.
(wsb)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More