Riset DRM Temukan Faktor Penyebab WNI Pilih Berobat ke Luar Negeri

Minggu, 12 Maret 2023 - 06:03 WIB
Teknologi dan layanan tenaga ahli terungkap dalam Riset DRM temukan faktor penyebab WNI ke luar negeri. FOTO/ DAILY
JAKARTA - Banyaknya Warga Negara Indonesia (WNI) yang berobat ke luar negeri khususnya ke Singapura dan Malaysia membuat gusar para tenaga kesehatan Indonesia.



Berdasarkan hal itu riset yang dilakukan Doctor Research in Management (DRM) temukan beberapa faktor yang mendorong hal itu.



Melihat hal tersebut, dr Ediansyah yang merupakan direktur RS Anisa Tangerang lantas menjadikan fenomena itu dalam disertasinya saat mengambil program doktoral dengan tema "Pengaruh dan Anteseden Kemampuan Berjejaring terhadap Kinerja Rumah Sakit yang Dimoderasi oleh Ekosistem Wisata Medis dan Dinamika Lingkungan Eksternal" yang dipaparkannya dalam Sidang Promosi Doctor of Research in Management (DRM) di Binus Business School Sabtu (11/3/2023).

"Saya mengambil tema ini karena melihat fenomena banyaknya orang Indonesia yang memilih berobat ke luar negeri ketimbang Indonesia," ungkap dr Ediansyah

'' Dari riset ini, saya berupaya melihat faktor kenapa orang Indonesia lebih memilih menjalani pengobatan di luar negeri ketimbang memanfaatkan fasilitas kesehatan Tanah Air. Padal Indonesia punya 3000-an lebih rumah sakit yang sebagian besar punya standar internasional," lanjutnya.



Dari riset yang dilakukannya itu, menunjukkan bahwa kemampuan berjejaring, orientasi pasar, serta integrasi sumber daya berpengaruh positif terhadap kinerja rumah sakit.

"Dari riset yang saya sebar dalam penelitian untuk disertasi unit alisisnya adalah rumah sakit tipe A dan B bukan pasiennya. Dimana sebagai sampel adalah 241 rumah sakit tipe A dan B dengan respondennya adalah pimpinan rumah sakitnya, entah itu direksinya maupun direkturnya," tegasnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More