5 Lubang Hitam Terbesar di Alam Semesta Beserta Fakta Uniknya

Jum'at, 31 Maret 2023 - 15:58 WIB
Sedikitnya ada lima lubang hitam terbesar di alam semesta yang bisa diketahui. Foto DOK ist
JAKARTA - Sedikitnya ada lima lubang hitam terbesar di alam semesta yang bisa diketahui. Beberapa di antaranya memiliki masa yang jauh lebih besar dibandingkan matahari.

Lubang hitam adalah salah satu objek paling misterius di alam semesta. Keberadaan mereka diprediksi secara teoritis oleh teori relativitas umum Einstein, lebih dari 100 tahun yang lalu.

Sejak dilakukannya penelitian, telah ditemukan lima lubang hitam yang dianggap paling besar di alam semesta. Jika dilihat dari bentuknya, mereka memiliki ukuran lebih besar dari matahari.



5 Lubang Hitam Terbesar di Alam Semesta

Berikut lima lubang hitam terbesar di alam semesta :



1. NGC 6166

NGC 6166 merupakan lubang hitam yang memiliki total massa hingga 30 miliar massa matahari. Jika diukur, keberadaan dari lubang hitam ini sekitar 490 juta tahun cahaya di gugus Abell di konstelasi Hercules.

Lubang hitam supermasif di pusat galaksi ini dapat menggerakkan dua pancaran radio berskala parsec simetris dengan arah berlawanan. Hal unik yang ditemukan dari NGC 6166 adalah keberadaannya yang menunjukan pergeseran biru atau bergerak ke arah kita.

2. H1821+643

Diidentifikasi pada tahun 2014, saat itu H1821+643 dianggap sebagai lubang hitam paling supermasif. Massa supergiant ini juga sama dengan NGC 6166 yakni lebih dari 30 miliar massa matahari.

Disebut sebagai quasar, Lubang hitam ini terletak di konstelasi Draco pada jarak lebih dari 10,4 Gly (Giga-Light Year). Hal unik yang ada di lubang besar ini adalah jika berada di tempat Matahari, diameter lubang hitam Schwarzschild ini akan meluas ke orbit Pluto.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More