Langka, Asteroid Trojan Merah di Sekitar Neptunus Jadi Perhatian Ilmuwan

Sabtu, 01 April 2023 - 19:18 WIB
Para ilmuwan menemukan asterois langka berwarna merah tua yang mengorbit dekat planet Neptunus. Asteroid yang diberi nama Trojan ini tampak kontras dengan Neptunus yang terkenal berwarna biru cerah. Foto/NASA/NewScientist
FLORIDA - Para ilmuwan menemukan asteroid langka berwarna merah tua yang mengorbit dekat planet Neptunus. Asteroid yang diberi nama Trojan ini tampak kontras dengan Neptunus yang terkenal berwarna biru cerah.

Sebuah tim astronom internasional baru-baru ini mengamati asteroid Trojan Neptunus dan menemukan semuanya tampak berwarna merah. Bahkan jauh lebih merah daripada kebanyakan asteroid di tata surya.

Mereka mempublikasikan hasil pengamatan ini di jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society: Letters yang terbit pada 14 Februari 2023. Para ilmuwan menduga asteroid Trojan Neptunus kemungkinan mengungkapkan seperti apa asteroid pada masa awal tata surya.

Trojan Neptunus adalah awan asteroid yang orbitnya mengelilingi matahari sejajar dengan orbit Neptunus. Mereka berada di titik stabil gravitasi antara Neptunus dan matahari, atau antara Neptunus dan planet kerdil Pluto.

Pertama kali ditemukan pada tahun 2001, kurang dari 50 benda berbatu ini telah dideskripsikan hingga saat ini. Alasannya bukan karena Trojan Neptunus langka, mungkin karena sulit menemukan batuan luar angkasa yang sangat kecil dan jauh.

Asteroid ini berdiameter 50 hingga 100 kilometer dan mengorbit pada jarak 4,5 miliar km dari matahari. Sebelum penelitian ini, para astronom hanya mempelajari selusin asteroid ini, dan harus menggunakan beberapa teleskop terbesar dan terkuat di Bumi untuk melakukannya.

“Dalam pengamatan baru kami, kami memiliki lebih dari dua kali lipat sampel Trojan Neptunus yang dipelajari dengan teleskop besar,” kata Bryce Bolin, astronom di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA dan penulis utama studi tersebut kepada Live Science, Sabtu (1/4/2023).