Dikira Batu Berbulu, Sinar-X Ungkap Mumi Tupai Purba yang Sedang Meringkuk

Sabtu, 22 April 2023 - 09:08 WIB
Tambang emas Klondike di Yukon memang tertutup permafrost atau tanah beku sejak zaman es. Itu membuat area tersebut sempurna untuk melestarikan

makhluk yang mati, termasuk rambut, hingga kuku.

Penambang emas di sana sebelumnya telah menemukan mumi anak serigala dan bayi mammoth yang diawetkan dalam kondisi sangat baik.

Peningkatan Suhu Global

Penemuan seperti ini cenderung lebih umum karena suhu global terus meningkat akibat emisi manusia dari gas yang memerangkap panas seperti karbon dioksida dan metana.

Itu menyebabkan permafrost mencair, mengungkap segala sesuatu mulai dari hewan, bahkan virus dan endapan antraks. Tupai tersebut ditemukan di dalam Wilayah Tradisional masyarakat Trondek Hwechin.

Ini adalah spesies tupai tanah Arktik yang sama yang masih hidup di seluruh Yukon saat ini. Berbeda dengan tupai pohon, tupai tanah membuat sarang di bawah tanah untuk tidur hibernasi. Banyak dari sarang-sarang tupai itu tetap terjaga kondisinya sejak zaman es, dan umum sekali ditemukan di Yukon.



Tapi, menemukan mumi tupai dalam kondisi yang sempurna ini sangat langka. ”Saya mempelajari tulang belulang. Tapi, bisa melihat hewan berusia 30.000 tahun dalam kondisi utuh, baik wajah, tulang, kulit, dan bulunya itu luar biasa sekali,”beberZazula.
(dan)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More