Ini Mega-Tsunami Pertama yang Tercatat Sejarah, Setinggi Gedung Bertingkat 30 Lantai

Senin, 01 Mei 2023 - 13:15 WIB
Letusan gunung berapi bawah laut melepaskan setidaknya lima ledakan, menghasilkan tsunami setinggi 279 kaki atau 85 meter satu menit setelah ledakan terbesar. Letusan ini menyebabkan gelombang setinggi 147 kaki atau 45 meter di pulau Tonga Tofua dan 55 kaki atau 17 meter di Tongatapu.

“Data kami membuktikan bahwa gelombang yang dihasilkan oleh ledakan gunung Hunga Tonga-Hunga Ha'apai merupakan Mega-Tsunami. Kami telah mengamati sebuah peristiwa secara real time menggunakan instrumentasi modern yang sebelumnya hanya dikenali di zaman kuno. Ini semua sangat menarik,” kata Purkis, yang juga kepala ilmuwan di Khaled bin Sultan Living Oceans Foundation di Annapolis, Maryland.



Meskipun gunung Tonga Meletus dahsyat dan menyebabkan mega-tsunami, jumlah kematian yang ditimbulkan sangat rendah. Ini bukti efektivitas latihan keselamatan dan upaya kesadaran yang dilakukan di Tonga pada tahun-tahun sebelum letusan.

Selain itu, lokasi letusan yang relatif jauh dari pusat kota juga mungkin telah menyelamatkan banyak orang dari nasib buruk. Para ilmuwan menerbitkan temuan mereka secara online pada 14 April di jurnal Science Advances.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More