Situs Permukiman Zaman Perunggu Ditemukan di China, Kota Kuno Zhaigou Tersebar di 11 Bukit

Sabtu, 01 Juli 2023 - 17:25 WIB

“Lorong makam melambangkan status sosial yang tinggi. Ini menunjukkan mereka milik pemimpin lokal,” kata Sun Zhanwei, peneliti di Akademi Arkeologi Shaanxi, kepada China Daily.

Pusat kota Zaman Perunggu dibuat dengan rammed-earth, teknik bangunan di mana campuran tanah lembab dipadatkan di dalam cetakan atau kerangka. Bangunan dengan fungsi berbeda juga telah ditemukan di sana, termasuk bengkel tukang dan tempat pembakaran tembikar.

Menurut saluran televisi milik pemerintah Tiongkok CGTN, para arkeolog di Zhaigou juga telah menemukan beberapa keping perunggu kereta kuda dan sisa-sisa kuda. Ini menjadi bukti penting untuk mengeksplorasi kemunculan kereta di Tiongkok dan perkembangan kebiasaan penguburan kereta.

Para arkeolog kini telah menemukan lebih dari 200 benda dari makam di sana, seperti pernis, yang mirip dengan yang ditemukan di situs dinasti Shang lainnya. Para ahli mengatakan bahwa reruntuhan di Zhaigou mungkin pernah menjadi ibu kota negara terpisah yang telah ditaklukkan oleh Shang, yang bermarkas di kota Yinxu di Henan.