Unik dan Eksotis, 8 Tumbuhan Pemakan Daging Ini Bikin Takjub

Kamis, 10 Agustus 2023 - 19:06 WIB
Tumbuhan pemakan daging memiliki beragam bentuk dan cara berbeda untuk menangkap mangsanya. Foto: Wikipedia
JAKARTA - Lupakan dulu Kantong Semar , sebab tumbuhan pemakan daging ternyata sangat beragam di dunia. Ada apa saja?

Tumbuhan pemakan daging , atau karnivora, adalah tumbuhan yang memiliki adaptasi khusus untuk menangkap, mencerna, dan menyerap nutrisi dari hewan kecil atau serangga.

Jenis-jenis tumbuhan pemakan daging ini memiliki beragam adaptasi yang unik untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya melalui penangkapan dan pencernaan serangga atau hewan kecil.

Banyak tumbuh-tumbuhan pemakan daging juga memiliki bentuk yang sangat eksotis dibanding tumbuh-tumbuhan pada umumnya. Berikut adalah beberapa contoh jenis tumbuhan pemakan daging:

1. Nepenthes (Kantong Semar)



Tumbuhan ini memiliki kantong yang berisi cairan pencernaan. Serangga yang masuk ke dalam kantong akan terperangkap dan dicerna oleh enzim dalam cairan tersebut.

2. Drosera (Ros Dewa)

Drosera memiliki daun berbulu yang dilapisi dengan lendir lengket. Serangga yang terjebak dalam lendir akan dicekik dan dicerna oleh enzim. Tanaman ini mempunyai ukuran sepanjang 3,5 cm, dengan lebar 0,5 cm, serta terdapat tentakel lengket yang dapat memerangkap serangga. Pada bagian tentakelnya memiliki sistem sekresi yang dapat mencerna mangsanya hingga kering.

3. Sarracenia

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More