Unik dan Eksotis, 8 Tumbuhan Pemakan Daging Ini Bikin Takjub

Kamis, 10 Agustus 2023 - 19:06 WIB
Sarracenia punya daun seperti corong yang berisi cairan yang mengandung enzim pencernaan. Serangga yang masuk ke dalam corong akan terperangkap dan dicerna.

4. Utricularia (Kandelia)

Utricularia mempunyai kantung rongga kecil yang dilengkapi pintu rahasia. Serangga yang menyentuh "rambut" pada pintu akan membuat pintu terbuka dan serangga akan masuk ke dalam kantung, kemudian terperangkap dan dicerna.

5. Pinguicula (Lumut Lebah)

Tumbuhan ini memiliki daun yang dilapisi kelenjar lendir lengket yang dapat menangkap serangga. Setelah serangga terperangkap, enzim akan mencerna tubuh serangga tersebut.

6. Aldrovanda (Rumput Air)

Tumbuhan ini mirip dengan tanaman air, dan memiliki perangkap seperti rahang kecil yang dapat menutup dengan cepat untuk menangkap serangga yang berenang di air.

7. Darlingtonia californica (Cobra Plant)

Tumbuhan ini memiliki bentuk yang menyerupai ular cobra dan memiliki perangkap yang berfungsi menangkap serangga. Nama cobra ini diambil dari daun yang melengkung layaknya ular cobra, dengan memiliki warna perpaduan hijau dan bintik merah. Tumbuhan ini sama seperti tanaman karnivora lainnya yang memerangkap serangga di dalam tubuhnya dan dicerna oleh cairan di dalamnya.

8. Pinguicula conzattii

Pinguicula conzattii merupakan tanaman insektivora endemik dari Meksiko di negara bagian Oaxaca. Tumbuhan ini ditemukan oleh Cassiano Conzatti, seorang botanis asal Italia yang menghabiskan waktunya di Meksiko. Tanaman eksotik ini juga memiliki cairan lengket di daunnya yang dapat memerangkap seranggayanghinggap.