Inilah 10 Maskapai Penerbangan Terburuk di Dunia, 2 dari Indonesia

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 09:16 WIB
Suvei Bounce merilis sejumlah maskapai yang dianggap terburuk di dunia karena skor yang rendah. Foto: Antara
JAKARTA - Survei Bounce merilis indeks maskapai penerbangan atau airline indeks paling buruk di dunia. Laman tersebut menilai beberapa kategori, seperti ketepatan waktu (on-time arrivals), pembatalan (cancellations), layanan makan (meals score), hiburan dalam penerbangan (in-flight entertainment), dan kenyamanan kursi (seat comfort score).

Selanjutnya kategori tersebut dihitung kembali berdasarkan skor dengan nilai akhir dari 1-10 di airline index score. Total, Bounce merilis 10 maskapai penerbangan internasional yang dianggap terburuk di dunia selama 2023. Dua diantaranya adalah dari Indonesia, yaitu Wings Air dan Lion Air.

Berikut ini 10 maskapai dengan peringkat terendah di dunia:

1. Wings Air - Skor Indeks Maskapai: 0,37

Wings Air memiliki skor indeks terendah pada 2023, hanya 0,37 dari 10. Maskapai ini memiliki tingkat kedatangan tepat waktu terendah sebesar 47,69 persen dan tingkat pembatalan tertinggi kedua sebesar 15,91 persen.

Maka dari itu, diartikan terbang dengan Wing Air berisiko jika Anda memiliki jadwal yang padat. Selain kurang keandalannya, maskapai penerbangan ini tidak menawarkan bagasi terdaftar gratis untuk penumpang kelas ekonomi, dan makanan serta hiburan dalam penerbangan hanya mendapat skor 1 dari 5.

Meski maskapai ini meraih skor 3 dari 5 untuk kenyamanan kursi, layanan staf dalam penerbangan perusahaan menerima skor 2 dari 5.



2. Lion Air - Skor Indeks Maskapai Penerbangan: 0,61

Lion Air adalah maskapai dengan peringkat terendah kedua dalam indeks 2023, pesawat ini menerima skor hanya 0,61. Kurang dari setengah dari semua penerbangan yang dioperasikan oleh Lion Air tiba tepat waktu, sementara sebanyak 20,01 persen penerbangan langsung dibatalkan, membuat rencana para pelancong jadi berantakan.

Akan tetapi, Lion Air adalah salah satu dari sedikit maskapai penerbangan memiliki tarif cukup rendah yang menyertakan bagasi terdaftar di beberapa tiket kelas ekonominya, dengan penumpang pada penerbangan domestik dapat membawa satu tas dengan berat hingga 20kg.

3. Jetstar Airways - Skor Indeks Penerbangan: 0.94

Jetstar Airways adalah maskapai penerbangan dengan peringkat terendah ketiga dalam survey tersebut. Maskapai ini memiliki skor indeks hanya 0,94. Maskapai penerbangan berbiaya rendah yang berbasis di Melbourne, Australia ini juga mendapat nilai buruk dalam hal keandalannya, dengan hanya 62,73 persen penerbangan yang tiba tepat waktu dengan tingkat pembatalan sebesar 7,3 persen.

Seperti Wings Air, Jetstar Airways tidak menawarkan bagasi terdaftar gratis dalam harga tiketnya, dan bagasi jinjing dibatasi hingga 7kg.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More