5 Fakta Cerpelai, Hewan Lucu Penular Virus

Kamis, 26 Oktober 2023 - 22:05 WIB
Cerpelai memiliki kaki pendek, leher panjang dan tebal, serta kepala lebar dengan telinga pendek membulat. (Foto: Reconnect With Nature)
JAKARTA - Cerpelai atau mink menjadi salah satu spesies keluarga musang dari famili Mustelidae. Cerpelai yang berada di alam liar memiliki ukuran kecil, aktif di malam hari, serta hidupnya berada di dekat air.

Cerpelai memiliki ukuran tubuh sekitar 30 - 50 sentimeter dengan ekor sepanjang 13 - 23 sentimeter. Cerpelai jantan memiliki berat 2 kilogram dan betina memiliki berat yang lebih kecil dibandingkan jantan.

Hewan yang mirip musang ini memiliki kaki yang pendek, leher yang panjang dan tebal, serta kepala yang lebar dengan telinga pendek yang membulat. Cerpelai memiliki bulu berwarna coklat tua dan sedikit corak putih di bagian tenggorokan, dada, dan di bagian bawah.

Berikut fakta lain dari cerpelai dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (26/10/2023).

1. Hewan Karnivora





Cerpelai termasuk mamalia pemakan daging. Hewan karnivora ini sering kali makan hewan-hewan yang dekat dengan habitat mereka, seperti katak, salamander, ikan, udang, tikus, dan burung. Cerpelai terkadang juga suka mencari mangsa darat seperti kelinci.



2. Bersifat Soliter



Cerpelai termasuk hewan yang tidak suka hidup berkelompok. Namun, pada saat musim kawin, cerpelai jantan akan bergaul dengan betina yang biasanya terjadi di musim dingin. Setelah musim kawin selesai, cerpelai jantan akan membiarkan betina membesarkan anak-anaknya sendirian.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More