Mengenal 8 Spesies Beruang, Ternyata Ada Panda

Kamis, 02 November 2023 - 08:05 WIB
Beruang termasuk dalam hewan yang diklasifikasikan rentan terhadap kepunahan. (Foto: Care Animal)
JAKARTA - Beruang menjadi salah satu spesies hewan besar berekor pendek yang ditemukan di Amerika, Eropa, dan Asia. Ada 8 spesies, termasuk di dalamnya panda.

Beruang termasuk jenis hewan omnivora. Namun, preferensi makanan yang ada pada masing-masing habitatnya terkadang membuat beberapa jenis beruang menjadi karnivora dan herbivora.

Beruang memiliki berat badan yang beragam. Beratnya bisa terus bertambah karena makanan yang dikonsumsi sangat banyak.

Beruang termasuk dalam hewan yang diklasifikasikan rentan terhadap kepunahan. Banyak ancaman yang diterima oleh beruang termasuk perburuan oleh manusia, hilangnya habitat asli, dan perdagangan hewan untuk dipelihara dan pertunjukan sirkus.

Berikut delapan jenis beruang yang ada di dunia dilansir dari laman IUCN, Kamis (2/11/2023).

1. Beruang Coklat





Beruang coklat atau Ursus Arctos adalah spesies beruang yang banyak ditemukan di Alaska, Kanada, Washington, Montana, dan Wyoming.



Beruang coklat memiliki berat sekitar 317 - 720 kilogram dengan tinggi 1,5 - 2,4 meter. Beruang coklat adalah hewan omnivora yang sering memakan buah ceri, pucuk tanaman, mamalia kecil, ikan, anak sapi, dan juga bangkai. Beruang coklat menyimpan makanannya di lubang dangkal.

Biasanya, beruang coklat akan berhibernasi pada musim dingin dan akan mengumpulkan lemak dengan jumlah yang sangat besar selama musim panas dan musim gugur.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More