Pejuang Hamas Ungkap Trik Hancurkan Tank Merkava dari Jarak Dekat

Jum'at, 03 November 2023 - 19:52 WIB
Pejuang Hamas menunjukkan trik menghancurkan tank Merkava milik tentara Israel dalam pertempuran darat jarak dekat di Gaza. Foto/The War Zone
GAZA - Pejuang Hamas menunjukkan trik menghancurkan tank Merkava milik tentara Israel dalam pertempuran darat jarak dekat di Gaza. Dengan menggunakan alat peledak sederhana dan RPG, pejuang Hamas tak gentak menghadapi salah satu tank terbaik di dunia.

Keberhasilan pejuang Hamas meledakkan tank Merkava Israel direkam dalam menggunakan video kamera helm yang dirilis di media sosial pada Kamis 2 November 2023. Dalam rekaman real-time, pejuang Hamas berlari mendekati tank, meletakkan alat peledak di atasnya, lalu kembali ke terowongan.

Video berdurasi 84 detik diambil dari kamera yang dipasang di helm memperlihatkan pejuang Hamas menembak alat peledak improvisasi (IED) di lambung tank di sebelah bagian belakang menaranya. Alat peledak improvisasi ini dibuat dari granat berpeluncur roket (RPG).



Diperlihatkan pejuang Hamas menembak alat peledak IED dengan RPG Al-Yassin-105 ke arah tank Merkava dari pintu masuk terowongan bawah tanah. Setelah RPG ditembakkan, ada kilatan api terang di tank.



Tidak jelas apakah IED yang ditempatkan pada tank atau proyektil yang menyebabkan ledakan. “Bagian akhir video memperlihatkan salah satu pejuang Hamas mengambil sepotong logam, mungkin bagian dari tank Merkava,” tulis laman The War Zone dikutip SINDOnews, Jumat (3/11/2023).



Hamas melalui saluran Telegram mengklaim tank Merkava itu hancur. Namun tidak jelas seberapa parah kerusakan yang dialami tank Merkava setelah pertempuran ini. Tidak ada gambaran tank yang rusak atau hancur.

Ledakan itu mungkin juga berasal dari sistem perlindungan aktif Throphy Merkava yang mengaktifkan dan meledakkan putaran RPG ke udara sebelum terjadi benturan. Apa yang terjadi dengan alat peledak IED tidak jelas.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More