10 Negara Pemilik Senjata Nuklir Terbanyak di Dunia, Israel Nomor Berapa?

Rabu, 08 November 2023 - 11:37 WIB
Sejumlah negara berlomba-lomba memproduksi dan mengembangkan senjata nuklir, untuk memastikan keamanan negaranya. (Foto: Sciencing)
JAKARTA - Senjata nuklir telah terbukti membuat kerusakan luar biasa saat dijatuhkan di Nagasi dan Hiroshima pada tahun 1945. Namun, tampaknya dunia tak jera meski tahu dampak perang nuklir dapat mengancam eksistensi umat manusia.

Sejumlah negara pun berlomba-lomba memproduksi dan mengembangkan senjata nuklir, untuk memastikan keamanan negaranya. Amerika Serikat misalnya, belakangan membuat heboh dengan mengumumkan akan mengembangkan versi baru bom nuklir yang kekuatannya berkali-kali lipat lebih dahsyat ketimbang yang dijatuhkan di Jepang dalam Perang Dunia II.

Tak kalah hebohnya, salah seorang Menteri Israel juga membuat pernyataan kontroversial dengan mengusulkan penggunaan bom nuklir untuk meratakan Gaza. Menilik data yang ada, berapa sejatinya jumlah senjata nuklir yang dimiliki Israel dan negara-negara lainnya, seperti China, Amerika Serikat dan Rusia?

Berikut 10 negara yang memiliki senjata nuklir terbanyak di dunia, dikutip dari Insider, Rabu (8/11/2023).

10. Korea Utara (30 senjata nuklir)



Negara pertama dalam daftar 10 negara dengan jumlah senjata nuklir terbanyak di dunia adalah Korea Utara dengan perkiraan 30 hulu ledak nuklir. Untuk menunjukkan kemampuan nuklirnya, Korea Utara melakukan uji coba nuklir pertamanya di bawah tanah pada 9 Oktober 2006.



Baca Juga: Kim Jong-un Minta Rudal Nuklir Korea Utara Siap Tempur

9. Italia (35 senjata nuklir)



Italia adalah satu-satunya negara dalam daftar 10 negara dengan jumlah senjata nuklir terbanyak di dunia yang tidak memproduksi atau memiliki senjata nuklir sendiri.

Sebaliknya, Italia adalah salah satu dari lima anggota NATO yang memiliki hulu ledak nuklir AS di wilayah mereka sebagai bagian dari perjanjian berbagi nuklir. Menurut publikasi Federasi Ilmuwan Amerika, Italia menyimpan 35 senjata nuklir pada 2022. Italia menyimpan jumlah senjata nuklir terbesar di antara 5 anggota NATO.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More