Waspada! 7 Tanaman Ini Berbahaya ketika Disentuh

Kamis, 16 November 2023 - 14:00 WIB
Pain bush juga dikenal sebagai poison ivy asal Afrika Selatan. (Foto: Britannica)
JAKARTA - Tanaman termasuk makhluk hidup yang dikenal minim pertahanan diri. Namun, ada beberapa jenis tanaman berkemampuan untuk mencegah predator yang akan merusak bagiannya, seperti bunga, daun, batang, sampai akarnya.

Bagi manusia, beberapa pertahanan yang dimiliki oleh beberapa tanaman dapat menyebabkan reaksi kulit yang menyakitkan.

Berikut tujuh tanaman yang dapat berbahaya ketika disentuh dilansir dari Brittanica, Kamis (16/11/2023).

1. Manchineel



Manchineel (Hippomane mancinella) sejenis pohon yang sangat beracun. Pohon ini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan dan dapat ditemukan di daerah pesisir, terutama di hutan bakau dan hutan rawa. Manchineel sering dijuluki sebagai "pohon paling beracun di dunia.”

Ketika memakan buah ini dapat menyebabkan mulut dan tenggorokan melepuh, bahkan sampai mengalami kematian. Getah yang terdapat pada daun dan kulit kayunya juga mengandung bahan kimia iritasi yang menghasilkan reaksi alergi pada kulit dan kulit melepuh.





2. Poison Ivy



Poison ivy atau Toxicodendron radicans dikenal sebagai tanaman liar yang berasal dari keluarga tanaman semak-semakan. Poison ivy dikenal karena menyebabkan reaksi alergi pada sebagian orang yang bersentuhan dengan getah atau minyak pada tanaman ini.

Poison ivy mengandung bahan kimia yang dikenal sebagai urushiol. Bahan kimia ini akan memberikan reaksi peradangan pada kulit, gatal, dan nyeri ketika disentuh. Reaksi yang disebabkan bisa berlangsung selama seminggu atau bahkan lebih dari tiga minggu.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More