10 Fakta Unik Burung Unta, Bisa Hidup hingga 40 Tahun

Kamis, 04 Januari 2024 - 22:07 WIB
Burung unta sebagian besar termasuk vegetarian. Mereka mengonsumsi akar, daun, bunga, dan biji-bijian. Meskipun demikian, mereka juga sanggup memakan serangga, kadal, dan makhluk kecil lainnya.

5. Berumur Panjang



Burung yang memiliki nama ilmiah Struthio camelus ini, memiliki rata-rata hidup yang cukup panjang, yaitu 30-40 tahun. Mereka bertahan hidup dengan sistem perlindungan diri yang hebat. Burung ini cukup agresif dan mampu berkelahi dengan cheetah hingga singa. Hal tersebut karena mereka memiliki kaki yang kuat dan sangat efektif untuk pertahanan diri. Jika terpojok, ia akan menendang dengan kuat. Selain itu, setiap kakinya juga memiliki cakar sepanjang 10 sentimeter.



6. Menghasilkan Telur Terbesar di Dunia

Saat musim kawin, burung unta betina akan bertelur di sarangnya. Telur yang dihasilkan oleh mereka termasuk terbesar di dunia. Rata-rata panjang telur burung unta mencapai 15 cm dan beratnya mencapai mega 1,5 kilogram. Burung unta betina mampu bertelur hingga 11 butir, sedangkan lainnya hanya dapat bertelur antara dua hingga enam butir.

7. Burung Unta tidak Bisa Terbang



Tidak seperti jenis burung lain, burung unta tidak bisa menggunakan sayapnya untuk terbang. Mereka memiliki sayap yang kecil sehingga tidak cukup kuat untuk mendukung berat badannya. Selain itu, tulang dada burung unta rata, bukan melengkung seperti burung yang bisa terbang. Tulang dada yang rata membuat burung unta tidak dapat mengepakkan sayapnya dengan kuat untuk terbang.

8. Burung Unta Hidup Berkelompok



Burung unta hidup secara berkelompok dengan hierarki sosial yang terstruktur. Umumnya, mereka hidup berkelompok dengan 12 individu lainnya dan terdapat satu atau lebih yang menghegemoni kawanan. Biasanya, mereka juga dapat bermigrasi untuk mencari makanan.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More