Perbandingan Jet Tempur F-16 Viper vs Eurofighter Typhoon, Mana Lebih Canggih?

Senin, 08 Januari 2024 - 13:30 WIB
Perbandingan jet tempur F-16 Viper dan Eurofighter Typhoon penting dipahami. Foto: ist
JAKARTA - Perbandingan jet tempur F-16 Viper dengan Eurofighter Typhoon menjadi pembahasan menarik untuk disimak. Tak bisa diremehkan, keduanya diketahui memiliki kemampuan mumpuni saat diterjunkan.

Seiring waktu, negara-negara terus meningkatkan kekuatan militernya. Tak hanya melalui kualitas tentara saja, mereka juga menyematkan banyak persenjataan mumpuni untuk mendukung daya tempurnya.

Melihat sekian banyak persenjataan militer, salah satu yang menarik perhatian adalah jet tempur. Dari berbagai contoh, bisa disebutkan misalnya seperti F-16 Viper dan Eurofighter Typhoon.

Berikut perbandingannya yang bisa diketahui:

Perbandingan Jet Tempur F-16 Viper vs Eurofighter Typhoon

1. F-16 Viper



F-16 Viper merupakan pesawat tempur multi peran generasi keempat dari F-16 Fighting Falcon besutan Lockheed Martin. Mengutip laman Airforce Technology, varian Viper ini dibekali banyak kemampuan canggih untuk mendukung fungsinya dalam misi.

Pengembangan F-16 Viper dilakukan sekitar tahun 2012. Waktu itu, Lockheed Martin menerima kontrak dari pemerintah Amerika Serikat untuk memberikan peningkatan kepada jet tempur F-16A/B yang sebelumnya dipakai Taiwan.

Pada perancangannya, F-16 Viper ditujukan untuk berbagai peran atau misi. Di antaranya seperti pengepungan pertahanan udara musuh, dukungan serangan udara ke darat hingga misi pelarangan maritim.

Beralih menuju kemampuan, salah satu peningkatan jet tempur ini dibandingkan pendahulunya bisa dilihat dari penyematan radar canggih. F-16 Viper memakai Active Electronically Scanned Array (AESA), radar yang dapat dikendalikan secara otomatis dan punya jangkauan luas.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More