10 Fakta Mengejutkan tentang Listrik, Terlibat dalam Pembentukan Berlian

Minggu, 28 Januari 2024 - 21:00 WIB
Konsumsi listrik global mencapai 22.848 terawatt-jam. (Foto: Live Science)
JAKARTA - Listrik menjadi kebutuhan mendasar dalam kehidupan manusia modern. Namun, ada beberapa fakta mengejutkan di baliknya.

Laman Livescience, Minggu (28/1/2024) melansir fakta tentang listrik, terutama terkait mitos dan kesalahpahaman berikut ini.

1. Penemuan listrik

Terdapat laporan kontradiktif tentang penemuan listrik pada masa silam. Penemu listrik Benjamin Franklin yang melakukan eksperimen terbang menggunakan kunci yang terikat pada layang-layang di badai petir pada 1750an, ataukah Thales of Miletus, seorang filsuf Yunani yang bereksperimen dengan batu amber dan bulu pada 600 SM untuk pertama kalinya menemukan listrik statis.

Sebenarnya, banyak orang yang berbeda menemukan energi listrik selama berabad-abad dengan cara yang berbeda-beda. Fisikawan Inggris William Gilbert, misalnya, bereksperimen dengan magnet dan listrik pada akhir abad ke-16 dan awal abad ke-17. Ia menciptakan istilah electricus pada 1600 untuk menjelaskan muatan listrik.

Ilmuwan Inggris abad ke-17, Thomas Browne pernah menguji sejumlah mitos dalam bukunya "Vulgar Errors," menciptakan istilah electricity sebelum kematiannya pada 1682. Lalu, Benjamin Franklin dan rekan-rekannya bereksperimen pada 1700an.

Pada fase 1800an, penemu Italia Alessandro Volta telah menemukan cara menghasilkan listrik dengan membuat baterai primitif dari seng, tembaga, dan kardus yang direndam air laut. Pada 1831, ilmuwan Inggris Michael Faraday menemukan cara menghasilkan arus listrik dengan memutar magnet dalam gulungan kawat. Artinya, seluruh proses penemuan listrik menjadi sebuah usaha bersama.

2. Listrik hanyalah perpindahan elektron

Keberadaan listrik sekarang begitu merata karena terkait dengan partikel subatom. Atom yang membentuk materi di alam semesta masing-masing terdiri dari inti di orbit awan elektron bermuatan negatif. Beberapa elektron ini terikat sangat kuat pada inti atom mereka, sementara yang lain lebih seperti agen bebas. Ketika gaya diterapkan, elektron-elektron ini dapat bergerak. Elektron yang bergerak inilah yang disebut sebagai listrik.