Mengapa Laron Selalu Muncul saat Musim Hujan? Simak Penjelasannya!

Sabtu, 10 Februari 2024 - 10:01 WIB
Laron selalu muncul di musim hujan dan berkumpul di cahaya seperti lampu rumah. Foto: ist
JAKARTA - Laron (Isoptera) merupakan salah satu jenis serangga yang masih termasuk dalam koloni rayap. Biasa hidup berkelompok, ada banyak hal menarik yang bisa diketahui tentang hewan satu ini.

Sebagian orang tentu sadar bahwa laron sangat suka dengan tempat yang terang atau memiliki cahaya penerangan. Maka dari itu, mereka selalu berterbangan mendekati lampu-lampu yang menyala terang.

Selain kesukaannya ternyata cahaya, laron juga diketahui selalu muncul ketika musim hujan. Bahkan, tak jarang menyebar mitos terkait keberadaan laron yang bisa menjadi pertanda segera datangnya hujan.

Lebih jauh, kenapa sebenarnya laron ini senantiasa muncul ketika musim hujan? Simak ulasannya berikut ini.

Kenapa Laron Sering Muncul Ketika Musim Hujan?



Laron menjadi salah satu jenis hewan yang sering keluar ketika musim hujan. Biasanya, mereka muncul dari tanah dan hinggap masuk ke rumah-rumah warga setelah hujan berlangsung.

Disarikan dari berbagai sumber, Rabu (7/2/2024), ada sejumlah alasan yang membuat laron sering keluar saat musim hujan. Di antaranya berkaitan dengan faktor cuaca hingga waktu reproduksi.

Sebagaimana diketahui, laron memiliki sarang di bawah tanah. Dalam hal ini, mereka memang menyukai tempat dengan kondisi yang hangat.

Sejalan dengan keadaan tersebut, tak heran apabila laron keluar saat musim hujan. Hal ini dikarenakan sarangnya di bawah tanah pasti berada dalam kondisi yang lembab dan dingin karena diguyur hujan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More