5 Hewan Liar di Sumatera yang Keberadaannya Terancam Punah

Senin, 25 Maret 2024 - 13:37 WIB
5 hewan liar di Sumatera yang keberadaannya terancam punah menarik diikuti. Foto: ist
JAKARTA - Ada banyak hewan liar di Sumatera yang bisa diketahui. Sebagian besar di antaranya terancam kepunahan. Pulau Sumatra memiliki keanekaragaman yang luar biasa. Wilayahnya juga telah menjadi rumah bagi sejumlah satwa liar endemik yang cukup terkenal.

Namun, seiring waktu keberadaannya mulai terancam. Bukan hanya karena habitatnya yang hilang, namun juga akibat perburuan ilegal dan tindakan pembalakan liar tempat tinggalnya.

Melihat statusnya yang terancam, pemerintah pun wajib menentukan langkah pencegahan untuk melindungi satwa-satwa tersebut. Dihimpun dari berbagai sumber, Senin (25/3/2024), berikut ini sejumlah hewan liar di Sumatera yang keberadaannya terancam punah.

Hewan Liar di Sumatera

1. Harimau Sumatera

Harimau Sumatera merupakan sub-spesies harimau asli Pulau Sumatera. Beberapa ciri khas yang membedakannya dari spesies lain seperti warna oranye dari bulunya yang lebih gelap hingga belang yang lebih sedikit di tubuhnya.



Jika dibandingkan dengan spesies lain, harimau Sumatera juga memiliki tubuh yang lebih kecil. Kendati begitu, ukuran tubuhnya ini membuatnya bisa bergerak lebih gesit di hutan tropis yang lebat.

Namun, harimau Sumatera termasuk sebagai hewan langka yang terancam punah. Adapun penyebab ancaman kepunahan ini terjadi karena hilangnya habitat asli yang diakibatkan perambahan liar dari orang-orang tak bertanggung jawab.

2. Gajah Sumatera

Hewan liar di Sumatera berikutnya ada Gajah Sumatera (Elephans Maximus Sumatranus). Mengutip laman Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, gajah Sumatera menjadi salah satu sub spesies gajah Asia.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More