Jangan Salah, Ini Perbedaan Harimau Jawa dengan Jenis Lainnya

Rabu, 03 April 2024 - 06:28 WIB
Dilansir dari Ensiklopedia Dunia, Harimau (Panthera tigris) adalah spesies kucing terbesar yang masih hidup dari genus Panthera. Harimau memiliki ciri loreng yang khas pada bulunya, berupa garis-garis vertikal gelap pada bulu oranye, dengan bulu bagian bawah berwarna putih. Ada sembilan subspesies harimau dalam genus Panthera. Enam di antaranya masih hidup sampai sekarang. Tiga subspesies harimau selebihnya telah dianggap punah secara resmi.



Istilah lain untuk harimau adalah Macan yang diambil dari Bahasa Jawa, namun kini masyarakat hanya menganggap macan adalah dari jenis Panthera pardus dan semua sub spesiesnya. Padahal Leopard atau Panthera pardus ini bisa disebut macan apabila ditambah nama belakangnya, yakni Macan Tutul. Nama Harimau sendiri berasal dari Bahasa Melayu.

Harimau dan macan adalah dua jenis kucing besar yang termasuk dalam genus Panthera. Meskipun memiliki beberapa kesamaan, mereka juga memiliki banyak perbedaan.

1. Perbedaan fisik



a. Ukuran

Harimau adalah yang terbesar, dengan berat mencapai 300 kg. Macan lebih kecil dari harimau, dengan berat mencapai 100 kg.

b. Warna

Harimau memiliki warna oranye dengan garis-garis hitam. Macan memiliki warna yang bervariasi, seperti hitam, coklat, dan abu-abu, dengan bintik-bintik hitam.

2. Habitat

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More