8 Gua Terunik di Dunia, Keajaiban Alam yang Luar Biasa

Rabu, 03 April 2024 - 15:00 WIB
Gua-gua unik ini lokasinya tersebar di berbagai penjuru dunia. (Foto: Gizmodo)
JAKARTA - Dunia dipenuhi dengan keajaiban alam yang luar biasa. Salah satunya adalah keberadaan gua dengan struktur unik baik dari segi bentuk, komposisi, maupun panorama yang tiada duanya.

Gua-gua ini terbentuk sejak ribuan tahun lalu tanpa campur tangan manusia. Lokasinya tersebar di berbagai penjuru dunia dengan landscape berbeda namun semua menawarkan pertunjukan alam menakjubkan.

Langsung saja, berikut 8 gua terunik di dunia dilansir dari Gizmodo, Rabu (3/4/2024) :

1. Gua Waitomo



Gua Waitomo di Pulau Utara Selandia Baru adalah surga para penjelajah gua. Diukir dari batu kapur oleh sungai bawah tanah selama jutaan tahun, gua-gua ini terkenal dengan keindahan magisnya, terutama keberadaan cacing pendar. Serangga bercahaya ini menutupi langit-langit gua menghadirkan pemandangan malam berbintang. Panorama ini dapat dinikmati dengan cara naik perahu melewati Gua Glowworm, tempat ribuan cacing pendar memancarkan cahaya yang menakutkan.

Gua Waitomo juga memiliki bagian-bagian yang dihiasi stalaktit (lapisan langit-langit) dan stalagmit (lapisan lantai), yang menampilkan keajaiban erosi batu kapur. Untuk mendapatkan pengalaman yang mendebarkan, gua ini juga menawarkan petualangan black water rafting yang tak terlupakan.





2. Sơn Đoòng



Gua Son Doong terletak di Taman Nasional Phong Nha Cabang. Gua ini memegang gelar gua terbesar di dunia. Saking besarnya ukurannya sehingga para pesaingnya terlihat seperti terowongan belaka. Bayangkan melakukan rappelling ke dalam portal yang cukup besar untuk menelan gedung pencakar langit, lalu berdiri dengan takjub di jalan setapak yang panjangnya lebih dari 5 kilometer. Gua ini memiliki tinggi 200 meter dan lebar yang cukup untuk menampung seluruh blok kota dengan nyaman di dalam temboknya.

Namun keajaiban Son Dong lebih dari sekedar tingginya. Bagian langit-langit yang runtuh memungkinkan sinar matahari masuk, memungkinkan ekosistem hutan yang subur tumbuh subur di dalam gua. Pohon-pohon yang menjulang tinggi meraih cahaya, akarnya tertanam kuat di tanah subur, dan tanaman lain menutupi dasar gua. Sebuah sungai bawah tanah mengalir melalui surga bawah tanah ini, menambah keindahan dunia lain dan suara air yang terus mengalir.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More