5 Fakta Mencengangkan Harimau Sumatera: Sang Raja Hutan yang Terancam Punah

Jum'at, 05 April 2024 - 09:19 WIB
Harimau Sumatera yang mati karena jebakan manusia, membuat keberadaannya semakin terancam. Foto: Aljazeera
SUMATERA - Harimau Sumatera atau Panthera tigris sumatrae memiliki sejumlah fakta yang menarik diketahui. Salah satunya berkaitan dengan ukuran tubuhnya yang relatif kecil dibandingkan harimau lain.

Harimau Sumatera merupakan sub-spesies harimau asli Pulau Sumatera, Indonesia. Mengutip laman Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, hewan ini menjadi salah satu sub-spesies harimau yang masih bertahan hingga sekarang.

Akan tetapi, harimau Sumatera juga termasuk dalam klasifikasi satwa kritis yang keberadaannya terancam punah. Untuk mengenalnya lebih, berikut ini ulasan mengenai sederet fakta harimau Sumatera.

Fakta Harimau Sumatera

1. Ciri Khas

Harimau Sumatera memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dari spesies lain. Misalnya, seperti warna oranye bulunya yang lebih gelap. Ciri tersebut memungkinkannya menyatu dengan habitat hutan hujan tropisnya.



Kemudian, harimau Sumatera juga memiliki belang yang lebih sedikit di tubuhnya. Belang tersebut juga cenderung lebih rapat dan tampak seperti menyatu.

Ciri khas lain dari harimau ini terletak pada surai dan jenggotnya. Ciri tersebut akan membantu untuk membedakan harimau Sumatera dengan spesies lainnya.

2. Tubuhnya Relatif Kecil

Jika dibandingkan dengan spesies lain, harimau Sumatera diketahui memiliki tubuh yang lebih kecil. Kondisi ini mungkin disebabkan karena ia berevolusi di habitat pulau terpencil.

Kendati begitu, ukuran tubuhnya ini juga punya manfaat lain. Melalui tubuhnya yang kecil, harimau Sumatera bisa bergerak lebih gesit di hutan tropis yang lebat.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More