6 Burung Paling Berbahaya di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia

Selasa, 09 April 2024 - 00:37 WIB
Burung Kasuari hidup di wilayah Indonesia, Australia dan Papua Nugini. (Foto: Britannica)
JAKARTA - Di balik keindahan suara, bentuk tubuh dan bulunya, sejumlah burung wajib diwaspadai. Hal itu karena mereka masuk daftar burung paling berbahaya di dunia.

Burung-burung ini terkenal agresif bahkan dapat menjadi ancaman karena bisa menyerang secara tiba-tiba. Serangan yang dilancarkan juga dipastikan bakal menghadirkan bahaya lantaran bentuk tubuhnya besar dan memiliki senjata mematikan berupa cakar, hingga paruh yang tajam.

Langsung saja, berikut 6 burung paling berbahaya di dunia yang mampu menghadirkan ancaman nyata bagi manusia, dilansir dari Britanica, Selasa (09/04/2024).



1. Kasuari



Kasuari hidup di wilayah Indonesia, Australia dan Papua Nugini. Kasuari dapat melukai mangsanya dengan pukulan tebas dari kakinya, karena ketiga jari kakinya mempunyai kuku yang panjang seperti belati. Burung ini dapat bergerak cepat di sepanjang jalur sempit di semak-semak dan berlari hingga 50 km per jam.

Salah satu insiden terjadi pada tahun 2012, ketika seorang turis di Queensland, ditendang oleh kasuari dari tepian dan masuk ke perairan namun tidak terluka. Salah satu serangan paling terkenal dan satu-satunya yang diketahui mengakibatkan kematian terjadi pada tahun 1926. Salah satu anggota sekelompok remaja laki-laki yang berburu kasuari terbunuh setelah seekor kasuari melompat ke arahnya saat dia jatuh. Burung itu menyayat leher anak laki-laki itu dengan kuku kakinya yang panjang.



2. Burung unta



Burung unta meski disebut burung namun tidak bisa terbang. Burung unta banyak ditemukan di Afrika. Burung unta jantan dewasa memiliki tinggi 2,75 meter dan beratnya lebih dari 150 kilogram. Mereka bisa hidup sendiri-sendiri, berpasangan, dalam kelompok kecil, atau dalam kelompok besar, tergantung musim.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More