Penjelasan Drone Kamikaze yang Digunakan Iran untuk Menyerang Israel

Senin, 15 April 2024 - 19:15 WIB
Jarak ini menempatkan Israel, yang terletak sekitar 1.000 kilometer dari Iran, dalam jarak tempuh yang efektif. Militer Israel mengatakan Iran telah menembakkan sekitar 170 drone, yang semuanya berhasil dicegat.

Shahed-131 yang sedikit lebih kecil dan lebih tua diperkirakan memiliki jangkauan 900 kilometer. Diluncurkan pada 2021, Shahed-136 dapat terbang dengan kecepatan maksimum hanya sekitar 185 kilometer per jam, membuatnya rentan terhadap intersepsi. Kapasitas muatannya — sekitar 50 kilogram — juga terbatas.

Apakah Iran Memiliki Drone Lain?

Iran telah menjadi produsen drone yang produktif dalam beberapa tahun terakhir. Iran juga memproduksi drone tempur yang lebih canggih, termasuk Mohajer-6 serta Shahed-129 dan Shahed-191.

Jeremy Binnie, pakar pertahanan Timur Tengah di perusahaan intelijen global Janes, menggambarkan Shahed-129 sebagai drone "pengawasan dan serangan jarak jauh".

Drone Mohajer-6 mampu melakukan misi pengintaian dan serangan udara dalam radius 200 kilometer. Drone siluman ini, kata Binnie, digunakan "untuk menembus wilayah udara dengan pertahan ketat."

Pada 2022, Iran membuka pabrik drone untuk drone serang dan pengintai Ababil-2 di Tajikistan, fasilitas produksi pertama Teheran di luar negeri.

Siapa Lagi yang Menggunakan Drone Iran?

Iran semakin banyak menyebarkan drone-nya ke luar batas wilayahnya. Para ahli mengatakan Teheran telah menggunakannya selama misi pengintaian, sabotase, dan serangan di wilayah tersebut.

Iran juga telah memasok drone ke proksinya di Timur Tengah, termasuk kelompok militan di Irak, Suriah, dan Yaman.

Pemberontak Houthi yang didukung Iran di Yaman mengklaim telah meluncurkan drone ke Israel dalam beberapa bulan terakhir.

Sementara itu, milisi pro-Iran di Irak dan Suriah melancarkan serangan drone terhadap pasukan AS. Analis mengatakan bahwa drone tersebut telah membuat kelompok-kelompok ini lebih sulit diprediksi.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More