Misteri Pencernaan Hewan: 7 Makhluk yang Hidup Tanpa Buang Air Besar

Sabtu, 11 Mei 2024 - 13:01 WIB
Ada hewan-hewan yang ternyata tidak buang air besar sepanjang hidupnya. Foto: ist
JAKARTA - Terdapat sejumlah hewan yang tidak buang air besar sepanjang hidupnya. Mereka tidak buang air besar seperti kebanyakan binatang ternyata memiliki alasannya tersendiri.

Pada dasarnya buang air besar sendiri merupakan proses alamiah untuk membuang kotoran sisa pencernaan dan metabolisme tubuh. Kotoran harus dikeluarkan agar tak menjadi racun dan merusak tubuh.

Namun, bagaimana makhluk hidup bisa bertahan tanpa membuang kotoran dalam tubuh mereka?



Sebenarnya banyak hal di dunia fauna yang diluar pikiran manusia, salah satunya terkait sistem pencernaan yang dimiliki beberapa hewan ini.

Sejumlah hewan ini mengembangkan cara yang unik dalam sistem tubuh mereka yang membuat mereka tidak harus membuang air besar.

7 Hewan yang Tidak Buang Air Besar

1. Ubur-Ubur

Karena ubur-ubur hanya memiliki satu lubang dalam anggota tubuhnya, hal ini membuat mereka makan dan mengeluarkan kotoran hanya melalui satu lubang tersebut. Kotoran yang dikeluarkan oleh ubur-ubur ini dikeluarkan setelah mereka selesai makan.

2. Spons Laut

Hewan yang menyerupai terumbu karang ini mengeluarkan kotoran berupa karbon yang merupakan makanan organisme laut lainnya. Spons laut tidak dapat berfotosintesis. Sebaliknya, mereka menyaring air yang diambil ke dalam tubuh mereka.

3. Ikan Hag

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More