Heboh! Hiu Tutul Sepanjang 4 Meter Menyatroni Pantai di Demak

Sabtu, 06 Juli 2024 - 20:34 WIB
Hiu paus (Rhincodon typus) dapat tersesat karena beberapa faktor, baik alami maupun akibat aktivitas manusia. Foto: ist
DEMAK - Warga pesisir Pantai Demak, Jawa Tengah, dihebohkan dengan kemunculan seekor hiu tutul sepanjang 4 meter. Diduga ikan besar ini terpisah dari kelompoknya dan terdampar di pesisir pantai akibat terseret gelombang laut yang tinggi.

Aksi Hiu Tutul Terekam Kamera

Aksi hiu tutul yang masuk ke pesisir Pantai Morosari, Demak, terekam kamera seorang nelayan asal Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Demak. Dalam video yang viral di media sosial, terlihat hiu tutul berenang kebingungan dan sempat melintas di bawah jembatan bambu dari bangunan bagan milik nelayan setempat.



Sunaryo, nelayan yang merekam video tersebut, mengatakan bahwa penampakan hiu tutul terjadi pada Rabu (4/7/2024) sekitar pukul 1 siang. Ikan tersebut terlihat memutar-mutar di sekitar Pantai Morosari.

"Baru kali ini saya melihat hiu tutul di pesisir pantai Demak," ujar Sunaryo. Ia menduga ikan tersebut lepas dari kelompoknya akibat terseret gelombang air laut yang tinggi.

Warga Diminta Tidak Takut

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Demak, Nanang Tasunar, mengimbau masyarakat untuk tidak takut dan tidak menangkap hiu tutul tersebut. Selain pemakan plankton, hiu tutul termasuk hewan yang dilindungi karena habitatnya yang hampir punah.

Diperkirakan hiu tutul yang berada di Pantai Morosari masih muda dan terpisah dari induknya. Hiu tutul juga termasuk ikan berukuran besar, karena saat dewasa bisa mencapai panjang hingga 12 meter.

Habitat Hiu Tutul

Biasanya, habitat hiu tutul berada di perairan laut dalam dan sering terlihat di pantai selatan Pulau Jawa. Namun, karena tingginya gelombang laut Pantura Jawa dalam satu bulan terakhir, memungkinkan kelompok ikan ini terseret arus atau muncul di pesisir pantai utara Jawa.

Hiu Tutul bisa Tersesat

Pada akhir 2023, seekor ikan hiu tutul sepanjang 7 meter juga pernah ditemukan terdampar di tepi pantai Desa Pagak, Kecamatan Ngombol, Purworejo, Jawa Tengah. Nelayan menemukan hiu tutul yang sudah dalam kondisi lemas.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More