Heboh! Hiu Tutul Sepanjang 4 Meter Menyatroni Pantai di Demak

Sabtu, 06 Juli 2024 - 20:34 WIB
Hiu tutul merupakan hewan yang dilindungi sehingga warga dilarang untuk melakukan pemanfaatan dalam bentuk apa pun terhadap ikan tersebut.

Habitat Hiu Tutul

Hiu paus atau hiu tutul (Rhincodon typus) mendiami perairan tropis dan subtropis di seluruh dunia. Mereka lebih menyukai perairan hangat dengan suhu permukaan antara 21 hingga 30 derajat Celsius.

Hiu paus tidak memiliki preferensi khusus terhadap jenis perairan tertentu, selama perairan tersebut hangat dan memiliki sumber makanan yang cukup. Mereka dapat ditemukan di perairan jernih maupun keruh, dan di perairan yang tenang maupun bergelombang.

Berikut beberapa penyebab Hiu Tutul Tersesat:

1. Perubahan Arus Laut: Hiu tutul mengikuti arus laut untuk mencari makanan dan bermigrasi. Perubahan arus yang tiba-tiba atau tidak biasa dapat menyebabkan mereka tersesat ke perairan yang tidak familiar.

2. Cuaca Ekstrim: Badai atau cuaca buruk lainnya dapat mengganggu navigasi hiu paus dan mendorong mereka keluar dari jalur migrasi normal.

3. Gangguan Magnetik: Hiu tutul diyakini menggunakan medan magnet bumi untuk navigasi. Gangguan magnetik alami atau buatan manusia dapat mempengaruhi kemampuan navigasi mereka.



4. Penyakit atau Cedera: Hiu tutul yang sakit atau terluka mungkin kehilangan kemampuan navigasi atau menjadibingung,
(dan)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More