Misterius, Ribuan Hiu Tiba-tiba Berkumpul di Satu Tempat

Kamis, 22 Agustus 2024 - 21:55 WIB
loading...
Misterius, Ribuan Hiu...
Ribuan ikan hiu terpantau tidur bersama hingga membentuk formasi mirip karpet. Foto/NESP-IMAS
A A A
AUSTRALIA - Ribuan ikan hiu terpantau tidur bersama hingga membentuk formasi mirip karpet di dasar laut. Fenomena aneh yang terjadi di Australia ini bukanlah kali pertama.

"Ada ribuan hiu, dikemas rapat seperti karpet yang tersebar di dasar laut," kata peneliti University of Tasmania Jacquomo Monk dilansir dari Futurism, Kamis (22/8/2024).

Namun hingga kini para ilmuwan belum menemukan penjelasan di balik perilaku aneh hiu Port Jackson. Rekaman hiu-hiu di dasar laut ini diambil oleh robot akuatik otonom yang dilengkapi kamera yang dioperasikan dari jarak jauh dari kapal penelitian pemerintah.

Yang luar biasa, para ilmuwan dari Institute for Marine and Antarctic Studies di University of Tasmania mengatakan mereka melihat hiu berkelompok dalam cara yang aneh ini di area yang sama enam tahun lalu.



Meskipun ini jelas merupakan hal yang menakjubkan untuk disaksikan, Monk mencatat para ilmuwan kelautan belum tahu mengapa hiu berkumpul dengan cara ini.

Dikenal sebagai situs agregasi, tempat berkumpulnya hiu di taman bawah laut Beagle cukup umum diamati dalam dunia penelitian kelautan, meskipun tidak ada yang tahu persis mengapa mereka melakukannya.



Meskipun hiu Port Jackson telah terlihat di tempat yang sama sebelumnya, tim menyadari kali ini bahwa pertemuan ini hanya untuk betina. Ini masuk akal karena spesies ini cenderung memisahkan diri berdasarkan jenis kelamin kecuali saat kawin.

"Mungkin mereka sedang menikmati makanan lezat setempat - kerang doughboy - sebelum perjalanan panjang ke utara untuk bertelur," kata Monk.

Meskipun para ilmuwan perlu melakukan lebih banyak penelitian untuk memahami fenomena ini, ada satu hal yang pasti. Yaitu area ini penting bagi hiu-hiu tersebut.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4288 seconds (0.1#10.140)