Molekul Asal Usul Kehidupan di Bumi Ditemukan di Mars

Minggu, 07 Juli 2024 - 07:54 WIB
Temuan asal Usul Kehidupan di Bumi. FOTO/ DAILY
JAKARTA - Lebih dari satu dekade lalu, penjelajah robot di Mars akhirnya menjawab pertanyaan krusial. Terungkap bahwa planet merah ini memang memiliki bahan organik yang terkubur di sedimen dasar danau purba.



Sejak saat itu, penemuan molekul organik di Mars terus berlanjut, dengan distribusinya menunjukkan bahwa kimia karbon tersebar luas di tetangga kecil kita yang berkarat ini.



Meskipun bukan berarti kita telah menemukan bukti kehidupan di luar bumi - masih jauh dari itu, karena banyak proses non-biologis yang dapat menghasilkan molekul organik - asal mula bahan-bahan ini menghadirkan misteri.

Kini, tim peneliti yang dipimpin oleh ilmuwan planet Yuichiro Ueno dari Institut Teknologi Tokyo telah menemukan petunjuk asal-usulnya di atmosfer. Di sana, karbon dioksida yang terpapar sinar ultraviolet matahari bereaksi membentuk kabut molekul karbon yang menghujani permukaan planet.

Meskipun penemuan ini tidak segemparkan penemuan biologi di Mars, hal ini dapat membantu kita memahami bagaimana bahan-bahan penyusun kehidupan ini tiba di planet asal kita, Bumi, miliaran tahun lalu.

"Molekul berbasis karbon kompleks seperti ini adalah prasyarat kehidupan, bisa dikatakan sebagai bahan penyusun kehidupan," kata ahli kimia Matthew Johnson dari Universitas Kopenhagen seperti dilansir dari Science Alert.

"Jadi, ini seperti perdebatan lama tentang ayam dan telur. Kami menunjukkan bahwa bahan organik yang ditemukan di Mars terbentuk melalui reaksi fotokimia di atmosfer - tanpa adanya kehidupan. Inilah 'telur'-nya, prasyarat kehidupan. Masih harus dibuktikan apakah bahan organik ini menghasilkan kehidupan di planet merah atau tidak."
(wbs)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More