Arkeolog Yakin Kuil Zeus Pusat Keagamaan dan Politik Orang Acarnanian

Minggu, 07 Juli 2024 - 21:40 WIB
Kuil Zeus . FOTO/ IDAILY
WAHYU BUDI SANTOSO - Stratos kuno, terletak di dekat tepi barat Sungai Achelous di perbatasan Aetolia, merupakan pusat sejarah Liga Acarnanian. Kota ini memainkan peran penting sebagai tempat suci Zeus, yang menjadi pusat keagamaan dan politik bagi semua orang Acarnanian.



Seperti dilansir dari Science Alert, Kuil Zeus di Stratos, yang dikenal sebagai "Parthenon" Yunani Barat, adalah sebuah kuil Doric yang megah yang terletak di kota kuno Stratos, di Yunani Barat.



Dibangun pada abad ke-4 SM, kuil ini merupakan salah satu monumen paling penting di Acarnania dan menjadi pusat keagamaan dan politik bagi orang Acarnanian.

Kota Stratos terletak di dekat tepi barat Sungai Achelous, di perbatasan dengan Aetolia. Kota ini berfungsi sebagai pusat sejarah Liga Acarnanian, mirip dengan Aetolian Thermon.

Kuil Zeus dibangun pada masa kejayaan Liga Acarnanian, antara tahun 321 dan 312 SM. Sebuah prasasti yang ditemukan selama penggalian menunjukkan dedikasi kuil kepada Zeus.

Kuil ini menjadi simbol persatuan dan kekuatan Acarnanian, dan merupakan tempat berkumpulnya tentara Acarnanian sebelum pertempuran.

Stratus Zeus Sanctuary adalah pusat keagamaan dan politik terpenting bagi orang Acarnanian.

Kuil ini terbuat dari batu kapur keras setempat dan berukuran 34,47 meter kali 15,41 meter.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More