Gunung Api Tanzania Punya Lava Teraneh di Bumi, Perlahan Tenggelam ke Dalam Tanah

Selasa, 06 Agustus 2024 - 16:39 WIB

Lava Hitam

Kalsium dan karbon dioksida dalam lava bergabung membentuk kalsit dan mineral karbonat lainnya, yang cepat rusak dengan adanya air atau kelembapan.

Ini berarti bahwa meskipun lava berwarna hitam atau abu-abu tua saat meletus, lava akan cepat berubah menjadi putih setelah mengering.

Magma yang memberi makan Ol Doinyo Lengai sangat cair, secara teoritis seharusnya hanya menghasilkan letusan yang ditandai dengan aliran lava.

Namun pada September 2007, gunung berapi tersebut, yang saat itu hanya memiliki satu kawah, tiba-tiba meledakkan kawah kedua sedalam lebih dari 330 kaki (100 m) di daerah utara puncak. Aktivitas eksplosif ini berlanjut hingga musim semi 2008, setelah itu gunung berapi kembali menghasilkan aliran lava.



Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kawah yang baru meledak mungkin surut, dan penelitian baru ini menegaskan bahwa lereng atas kawah ini telah tenggelam sejak 2013.

Kemungkinan penyebab penurunan ini adalah reservoir magma yang mengempis yang terletak 3.300 kaki (1.000 m) di bawahgunungberapi.
(dan)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More