Imut Banget! Spesies Bunglon Baru Ini Cuma Sebesar Ujung Jari, Habitatnya Terancam Punah!

Sabtu, 21 September 2024 - 09:10 WIB
"Dibutuhkan banyak kesabaran dan kejelian. Dengan latihan, seseorang bisa menjadi relatif mahir dalam hal ini, tetapi kami sering bekerja dengan pemandu lokal yang juga ahli dalam menemukan bunglon kecil ini."

Keunikan Genus Brookesia

Genus Brookesia adalah rumah bagi beberapa bunglon daun yang benar-benar luar biasa, dinamakan demikian karena warnanya.

Beberapa sangat unik, seperti B. perarmata, dan yang lainnya sangat kecil, seperti B. micra. Dengan panjang sekitar 33 milimeter, B. nofy bukanlah yang terkecil di dunia. Gelar itu, untuk saat ini, diberikan kepada B. nana.

Habitat yang Terancam

Tidak ada yang istimewa dari bunglon Brookesia terbaru ini, tetapi ia menonjol karena pilihan habitatnya.

"Meskipun Brookesia nofy tidak memiliki ciri-ciri eksternal yang mencolok atau spektakuler, ini adalah salah satu contoh dari keragaman besar bunglon mini di Madagaskar, yang sebagian besar tampaknya terbatas pada rentang distribusi yang sangat kecil," kata penulis studi Miguel Vences kepada IFLScience. "Spesies ini khususnya adalah satu-satunya bunglon mini di Madagaskar yang diketahui hidup di hutan pesisir, salah satu jenis habitat yang paling terancam."



"Selain itu, sangat mengejutkan bahwa satu-satunya tempat berlindung yang tampaknya aman bagi spesies ini adalah hutan milik pribadi yang digunakan untuk ekowisata, sementara beberapa petak hutan alami yang tersisa di sekitarnya berada di bawah tekanan berat saat ini oleh pertanian tebangdanbakar."
(dan)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More