Kepunahan Kehidupan Laut Tinggal Menunggu Waktu, Nih Faktanya

Kamis, 26 September 2024 - 19:29 WIB
Kehidupan di laut terancam punah. FOTO/ WION NEWS
LONDON - Para ilmuwan dalam sebuah laporan telah menekankan bahwa lautan di dunia menjadi terlalu asam dan tidak mampu menopang kehidupan laut atau bahkan menstabilkan iklim.

BACA JUGA - 7 Hewan yang Terancam Punah Akibat Sering Diburu

Laporan yang disusun oleh Institut Penelitian Dampak Iklim Potsdam (PIK) telah menyebutkan sembilan faktor penting dalam mengatur kemampuan planet ini untuk menopang kehidupan.



Pengasaman laut dapat segera menyebabkan pelanggaran faktor ketujuh, berdasarkan Pemeriksaan Kesehatan Planet pertama PIK.

Batas aman dari faktor-faktor yang telah dilanggar meliputi perubahan iklim; peningkatan polutan, yang mencakup plastik dan pupuk kimia yang digunakan dalam pertanian; hilangnya spesies alami, habitat alami, dan air tawar.

Sekarang, ada peluang tinggi terjadinya tingkat pengasaman laut yang berkelanjutan yang melebihi batas yang telah menyebabkan peningkatan emisi karbon dioksida (CO2) yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil seperti minyak, batu bara, dan gas.

"Seiring meningkatnya emisi CO2, semakin banyak pula CO2 yang terlarut dalam air laut yang membuat lautan menjadi lebih asam," kata Boris Sakschewski, salah satu penulis utama seperti dilansir Wion News.

"Bahkan dengan pengurangan emisi yang cepat, pengasaman yang berkelanjutan mungkin tidak dapat dihindari karena CO2 yang telah dipancarkan dan waktu yang dibutuhkan sistem laut untuk merespons. Oleh karena itu, pelanggaran batas pengasaman laut tampaknya tidak dapat dihindari dalam beberapa tahun mendatang," tambahnya.

Karang, kerang, dan fitoplankton - yang memakan beberapa spesies laut rusak oleh air asam.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More