Harga Roket Iron Dome, Sekali Tembak Seharga Mobil Mewah

Jum'at, 27 September 2024 - 17:05 WIB

Iron Dome di Laut: C-Dome

Pada 2014, Rafael mengungkapkan versi angkatan laut dari Iron Dome, yang disebut C-Dome. Sistem ini dirancang untuk melindungi kapal perang dari serangan roket. Salah satu fitur utama dari C-Dome adalah kemampuan peluncuran vertikal untuk memberikan cakupan 360 derajat, yang tidak dimiliki oleh sistem darat Iron Dome.

Pada 2016, sistem ini sukses diuji di laut dengan menghancurkan beberapa roket. Sistem ini telah disiapkan untuk dipasang di kapal-kapal kelas Sa’ar 6 Israel, yang juga dilengkapi dengan sistem pertahanan Barak 8 untuk melindungi anjungan gas lepas pantai dari serangan.

Baca Juga: 200.000 Rudal Hizbullah Bisa Buat Iron Dome Kewalahan

Ancaman Drone: Adaptasi Baru Iron Dome

Iron Dome juga dipandang efektif untuk menghadapi ancaman dari drone. Meski biaya satu roket pencegat Tamir berkisar pada USD100.000, biaya ini masih jauh lebih murah daripada menggunakan sistem pencegat utama Israel lainnya, MIM-104 Patriot, yang biaya peluncurannya mencapai USD2-3 juta. Drone dengan biaya rendah menjadi ancaman yang semakin sering dihadapi, sehingga Iron Dome menawarkan solusi yang lebih hemat biaya untuk menanggulangi ancaman tersebut.

Pada 2015, Rafael merilis rekaman uji coba Iron Dome yang berhasil mencegat beberapa drone terbang rendah dan tinggi. Sistem ini diklaim mampu menghancurkan drone sebelum mereka cukup dekat untuk meluncurkan senjata mereka, dan dalam beberapa kasus, interceptor berhasil menabrak langsung targetsecarakinetik.
(dan)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More